Bola Internasional

Motivasi Chanathip ini Bikin Thailand Sanggup Gilas Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Sabtu, 1 Januari 2022 15:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© affsuzukicup
Chanathip Songkrasin pandai dalam membakar semangat pemain-pemain Thailand dengan kata-katanya sebagai kapten tim. Copyright: © affsuzukicup
Chanathip Songkrasin pandai dalam membakar semangat pemain-pemain Thailand dengan kata-katanya sebagai kapten tim.

INDOSPORT.COM - Partai penentuan gelar juara Piala AFF 2020 leg kedua antara Timnas Indonesia vs Thailand akan dimulai sebentar lagi pada Sabtu (01/01/2021) ini. Kapten tim Gajah Perang, Chanathip Songkrasin, masih jadi momok paling besar bagi tim Garuda.

Chanathip memborong dua gol saat Thailand menang besar 4-0 atas Timnas Indonesia. Lesakan pertamanya yang terlahir pada menit kedua membuat mental Asnawi Mangkualam dan kolega runtuh begitu saja.

Akan tetapi, bukan hanya ketajaman gelandang serang milik Hokkaido Consadole Sapporo itu saja yang harus diwaspadai oleh timnas Indonesia di leg kedua nanti. Ada 'skill' lain yang cukup hebat dikuasai oleh Chanathip.

Pemain 28 tahun itu pintar dalam melakukan team talk atau motivasi untuk persiapan pertandingan. Bukan hal aneh mengingat Chanathip mengemban tugas sebagai kapten Thailand kendati banyak pemain yang lebih senior darinya seperti Teerasil Dangda atau Theerathon Bunmathan.

Kata-kata magis Chanathip jadi salah satu alasan kenapa Thailand bermain beringas di leg pertama lalu. Ia mengingatkan pada rekan-rekannya untuk bermain demi negara, keluarga, dan juga Kawin Thamsatchanan yang saat itu tengah berduka karena baru kehilangan ayahnya.

"Teman-teman, Kita sudah sampai sejauh ini. Saya ingin memberi tahu kalian bahwa kita adalah tim yang bagus," ujar Chanathip dalam sebuah video ruang ganti Thailand jelang pertandingan leg pertama.

"Tapi, Kita jangan bermain hanya untuk diri sendiri. Kita harus bermain untuk negara kita, kita harus bermain untuk keluarga kita. Dan kita harus bermain untuk rakyat Thailand,"

"Dan hari ini, Kita bermain untuk P'Tong (Kawin). Kita akan keluar untuk menang. Ayo berjuang bersama, guys. 1, 2, 3, Thailand!" teriak pemain yang akrab disapa Jay itu kemudian.