Bola Internasional

Piala AFF U-23: Timnas Indonesia Tak Bisa Panggil 4 Pemain Luar Negeri

Sabtu, 1 Januari 2022 10:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikry, dan Elkan Baggott akan absen bela timnas Indonesia di Piala AFF U23. Copyright: © PSSI
Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikry, dan Elkan Baggott akan absen bela timnas Indonesia di Piala AFF U23.

INDOSPORT.COM - Di tengah-tengah kesibukannya memimpin timnas Indonesia senior di final Piala AFF 2020, Shin Tae-yong rupanya juga sudah dipusingkan dengan agenda timnas U-23. Aang Piala AFF junior sudah harus dimulai pada Februari mendatang.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut dipastikan tidak bisa memanggil bintang-bintang terbaiknya yang berkarier di luar negeri.

Sebut saja Elkan Baggott (19 tahun/Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (21/FK Senica), Witan Sulaeman (20/Lechia Gdanks), dan Asnawi Mangkualam (22/Ansan Greeners).

Mengingat Piala AFF U-23 bukanlan turnamen resmi FIFA dan levelnya kelompok usia, hampir bisa dipastikan klub penaung keempatnya tidak akan mau melepas. Terutama setelah baru saja berlaga hingga final Piala AFF 2020.

Kendati demikian Shin Tae-yong mengaku maklum. Toh kerangka skuat U-23 yang akan dibawa ke Kamboja bulan depan juga masih banyak yang tersisa di tim senior kali ini.

Contohnya adalah Pratama Arhan (20), Alfreandra Dewangga (20), Syahrian Abimanyu (22), Ramai Rumakiek, Rachmat Irianto (22), dan Hanis Saghara (22). Lebih dari separuhnya adalah pemain yang selalu masuk ke starting XI Shin Tae-yong.

“Saya akan berusaha mempertahankan tulang punggung tim sesuai dengan persyaratan pemain untuk turnamen itu. Tapi pemain yang bermain di luar (Indonesia), seperti Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi, saya rasa mereka tidak akan bisa ikut,” ungkap Shin Tae-yong seperti yang diwartakan Goal Indonesia.

"Pemain-pemain lain akan bergabung dengan tim untuk Piala AFF U-23. Ini juga sebagai upaya kami memulai regenerasi timnas Indonesia senior,” tambah pria berusia 51 tahun tersebut.