Bola Internasional

3 Catatan Timnas Indonesia di Balik Fair Play Award Piala AFF 2020

Minggu, 2 Januari 2022 10:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, salah satunya Fair Play Award. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, salah satunya Fair Play Award.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, yakni Fair Play Award dan Pemain Muda Terbaik (Pratama Arhan).

Seperti diketahui, perjalanan skuat Garuda di kompetisi timnas sepak bola se-Asia Tenggara ini baru saja berakhir.

Bermain dua leg di partai final, mereka ternyata tidak mampu menahan laju Thailand yang pada akhirnya tampil sebagai tim terkuat untuk edisi 2020.

Hasil ini pun memuat Gajah Perang makin mengukuhkan diri sebagai tim tersukses sepanjang gelaran Piala AFF dengan enam gelar juara. Sementara itu, Timnas Indonesia mencatatkan predikat runner-up untuk keenam kalinya.

Sempat digasak empat gol tanpa balas di leg pertama final, Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 di leg kedua, Sabtu (01/01/22).

Sayangnya, dua gol masing-masing dari Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri tidak cukup untuk mengandaskan skuat Thailand asuhan Alexandre Polking.

Meski gagal jadi juara Piala AFF 2020, Indonesia masih bisa tersenyum usai memenangkan Fair Play Award dan Pemain Muda Terbaik.

Tentu saja, penghargaan Fair Play diberikan kepada tim yang dinilai paling menjunjung nilai-nilai sportivitas selama perhelatan berlangsung.

Sepanjang sejarah Piala AFF, ini adalah kali pertama Indonesia meraih predikat fair play. Malaysia adalah tim yang paling sering menyabet penghargaan tersebut, yakni tiga kali pada edisi 2000, 2012, dan 2018.

Sementara itu, lawan Indonesia di partai final sekaligus kampiun edisi 2020, Thailand, baru sekali mendapatkannya pada 2008.

Raihan Fair Play Award ini pun bisa jadi pelipur lara Timnas Indonesia yang lagi-lagi gagal meraih gelar juara Piala AFF untuk keenam kalinya.