Bola Internasional

Didominasi Indonesia dan Thailand, Media Asing Rilis Starting XI Terbaik Piala AFF 2020

Senin, 3 Januari 2022 10:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Starting XI Terbaik turnamen Piala AFF 2020 yang dirilis media asing, ESPN, didominasi oleh pemain Timnas Indonesia dan Thailand. Copyright: © INDOSPORT
Starting XI Terbaik turnamen Piala AFF 2020 yang dirilis media asing, ESPN, didominasi oleh pemain Timnas Indonesia dan Thailand.

INDOSPORT.COM – Starting XI Terbaik turnamen Piala AFF 2020 yang dirilis media asing, ESPN, didominasi oleh pemain Timnas Indonesia dan Thailand.

Usai sudah perjalanan  seru turnamen Piala AFF 2020 yang berlangsung sejak 5 Desember 2021 hingga Sabtu (01/01/22) malam WIB di Singapura.

Thailand memastikan sebagai juara untuk yang keenam kalinya dalam sejarah Piala AFF. Hal ini dipastikan usai Si Gajah Perang mengalahkan Timnas Indonesia di partai final dengan keunggulan agregat 6-2.

Media ESPN pada hari Senin (03/01/22) telah merilis siapa saja pemain dari seluruh tim peserta yang layak masuk ke dalam pilihan Starting XI Terbaik versi mereka.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ESPN Asia (@espnasia)

Timnas Indonesia dan Thailand menjadi tim dengan pemain terbanyak yang berhasil terpilih. Kedua kesebelasan memiliki deretan pemain yang memberikan penampilan apik di sepanjang turnamen.

Sang kampiun, Thailand memiliki bek kanan Narubadin Weerawatnodom, bek tengah Kritsada Kaman, gelandang tengah Phitiwat Sukjitthammakul, gelandang serang Chanathip Songkrasin, winger kiri Supachok Sarachat dan striker Teerasil Dangda.

Masuknya Chanathip ke Starting XI versi ESPN tak mengejutkan. Pemain Terbaik Piala AFF 2020 ini juga menjadi to pskorer usai mencetak dua gol ke gawang Vietnam dan dua ke gawang Timnas Indonesia

Alexandre Polking terpilih sebagai pelatih terbaik. Baru ditunjuk September 2021 lalu, Polking mampu mengawinkan skuat berkualitas dan taktik jitu yang membawa Thailand juara.

Indonesia juga memiliki beberapa pemain yang masuk ke Starting Xi versi ESPN. Di antaranya, bek tengah Alfeandra Dewangga, bek kiri Pratama Arhan, winger kanan Witan Sulaeman.

Alfeandra Dewangga terpilih karena dianggap memiliki fleksibilitas mumpuni. Bek berusia 20 tahun itu bisa ditempatkan di lini tengah sekaligus di lini pertahanan.

Pratama Arhan juga masuk pilihan karena penampilannya begitu mengejutkan. Mencetak dua gol di turnamen Piala AFF sekaligus punya kualitas bertahan yang mumpuni membuatnya banyak dilirik klub asing.

Sementara Witan Sulaeman menjadi sosok penting Timnas Garuda di sepanjang turnamen. Pemain klub Kroasia, Lechia Gdansk ini menunjukkan kualitas permainan berkelas Eropa.

Winger 20 tahun ini punya kemampuan mengawinkan kecepatan dan keterampilan membuatnya sering jadi momok para bek lawan.