Bola Internasional

Mengenal Jeong Seok-seo: Penerjemah Shin Tae-yong, Belajar Bahasa Pakai Kamus

Kamis, 6 Januari 2022 16:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengenal Jeong Seok-seo, seorang interpreter atau penerjemah bahasa Korea dan Indonesia, yang saat ini bertugas mendampingi Shin Tae-yong.

Jeong Seok-seo mengemban tugas untuk menerjemahkan instruksi Shin Tae-yong kepada pemain, atau hasil konferensi pers dari sang pelatih timnas ke media massa.

Jeong Seok-seo sangat fasih berbahasa Indonesia, meskipun ia kelahiran Korea dan sampai saat ini masih warga negara Korea.

Rupanya, kemampuan berbahasa Indonesia ia pelajari secara otodidak ketika pindah ke Indonesia di 2008, saat duduk di bangku SMA dan mengikuti orang tuanya.

"Sejak SMA sudah tinggal di Indonesia, di sekolah lokal, bukan internasional, jadi belajar bahasa Indonesia otodidak," jelas Jeong Seok-seo di salah satu stasiun TV.

"Saat guru atau teman-teman ngomong apa pun, saya catat kosa katanya, dan bawa kamus ke mana-mana selama dua tahun itu, jadi cepat bisa belajar," ujar Jeong Seok.

Setelah kurang lebih 12 tahun menetap di Indonesia, Jeong Seok-seo mengaku kerap menjadi interpreter lepas, dan beberapa kali dipanggil untuk mendampingi artis Korea Selatan.

Namun, pengalaman yang paling berkesan tentu saja saat ia mendapat tawaran untuk menjadi translator Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia yang sudah mendunia.