Bola Internasional

3 Fakta Ronal Setmot, Talenta Muda Papua yang Bakal Merumput di Eropa

Selasa, 11 Januari 2022 16:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Doc Pribadi/Ronal Setmot
Ronal Setmot kabarnya merapat ke FK Kozara Gradiska. Copyright: © Doc Pribadi/Ronal Setmot
Ronal Setmot kabarnya merapat ke FK Kozara Gradiska.

INDOSPORT.COM - Satu lagi bintang sepak bola asal Indonesia yang diketahui merapat ke liga Eropa. Ia adalah pemain Papua kelahiran Nabire, Ronal Setmot.

Ia direkrut oleh Kozara Gradiska dan akan berkompetisi di ajang First League of RS atau kasta kedua Liga Bosnia.

Kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Ronal Setmot menyebut bahwa dirinya harus mengurus dokumen kepindahan serta proses administrasi lain sebelum berangkat ke Bosnia.

“Iya benar (rumor transfer ke Eropa). Hari ini aku jumpa pers di Dubes. Rencananya akan memperkuat FK Kozara Gradiska,” demikian ucap Ronal Setmot seperti telah diwartakan INDOSPORT.com, Senin (10/1/22).

Lebih lanjut mantan pemain Mitra Kukar ini mengatakan, bawha dirinya tidak sendirian untuk memperkuat FK Kozara Gradiska, melainkan bersama satu pemain Indonesia lain yakni Kevin Norman Waloni yang dulu pernah membela PSG Pati.

Bersama FK Kozara Gradiska, nantinya Ronal Setmot akan mendapat kontrak selama setahun di Liga Bosnia atau hingga musim 2023 mendatang.

“Iya betul, Kevin Waloni juga berada di sana. Rencananya kalau aku bakal dikontrak sampai tahun 2023,” katanya lagi.

Sebagai informasi, FK Kozara Gradiska sendiri merupakan klub asal Bosnia yang saat ini bermain di First League of the Republika Srpska (RS).

Mereka pernah promosi ke kasta pertama (Premier League) pada musim 2011-2012 hanya untuk terdegradasi kembali ke First League.

Sekarang, klub yang berbasis di Gradiska ini pun akan jadi rumah bagi Ronal Setmot dan juga Kevin Norman Waloni.

Jika transfer ini berjalan mulus, baik Ronal Setmot maupun Kevin Norman Waloni akan berhadapan dengan rekan sekompatriot mereka seperti salah satunya Iner Sontany Putra, yang memperkuat Zeljeznicar Banja di liga yang sama.