Liga Indonesia

Dituding Haruna Soemitro Tak Kompeten, Penerjemah Shin Tae-yong Curhat

Senin, 17 Januari 2022 12:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo, curhat usai anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, menyebut dirinya tidak kompeten. 

Viral di media sosial, cuplikan wawancara Haruna Soemitro di JPNN, menyebut jika pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mudah tersinggung pada federasi PSSI.

"Per hari ini saya merasa bahwa komunikasi Shin Tae-yong dengan PSSI tidak baik-baik saja. Baru dikasih kritik tersinggung, baru dikasih masukan tersinggung," ujar Haruna.

Sebagai sosok yang berkecimpung di dunia sepak bola, Haruna Soemitro mengatakan ada hal-hal yang mungkin menghambat komunikasi antara PSSI dan Shin Tae-yong.

Salah satunya, penerjemah atau interpreter Timnas yang dianggap tidak paham konteks yang disampaikan PSSI, sehingga membuat Shin Tae-yong selalu berbeda pendapat.

"Itu kan berarti bisa jadi translator tidak memahami konteks kita, atau dia paham konteks, tapi tidak bisa mengungkapkan dengan cara baik," lanjut Haruna lagi.

Posisi penerjemah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia saat ini dipegang oleh Jeong Seok-seo, pemuda kelahiran Korea Selatan yang sudah 12 tahun menetap di Indonesia.

Kemudian, ada mantan kiper Korea Selatan yang juga sudah cukup lama berkarier di Liga Indonesia, yaitu Yoo Jae-hoon, yang kerap mendampingi Shin Tae-yong di lapangan.