Liga Spanyol

Kabar Duka, Legenda Real Madrid Paco Gento Tutup Usia

Kamis, 20 Januari 2022 12:57 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Juni Adi
© Managing Madrid
Paco Gento legenda Real Madrid. Foto: Managing Madrid Copyright: © Managing Madrid
Paco Gento legenda Real Madrid. Foto: Managing Madrid

INDOSPORT.COM - Legenda Real Madrid dan timnas Spanyol bernama Francisco Gento atau yang akrab disapa Paco Gento meninggal dunia pada Selasa (18/1/2022) lalu.

Kabar duka meninggalnya Paco Gento disampaikan oleh laman resmi Real Madrid. Manajemen Los Blancos mengucapkan bela sungkawa atas meninggalkan salah satu legendanya tersebut.

Pria yang berpulang di usia 88 tahun itu disebut merupakan salah satu legenda terbesar Real Madrid. Ia selalu menjadi contoh bagi madridistas dan dunia sepak bola khususnya Spanyol.

"Real Madrid C. F., presiden klub dan Dewan Direksi sangat berduka atas meninggalnya Francisco Gento, presiden kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia," tulis peryataan Real Madrid.

"Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan mengirimkan cinta kepada istrinya Mari Luz, kepada putranya Francisco dan Julio, kepada cucu-cucunya Aitana dan Candela dan kepada semua kerabat, rekan satu tim dan orang-orang terkasihnya."

"Paco Gento benar-benar mewakili nilai dari Real Madrid dan semangatnya akan terus menjadi contoh bagi madridistas dan dunia olahraga. Dia akan selalu dikenang oleh madridistas dan seluruh fans sepak bola sebagai salah satu yang terbaik," imbuhnya.

Seperti diketahui, Paco Gento dikenal sebagai mantan pemain sepak bola dengan gelar juara Eropa terbanyak di dunia. Ia pernah 18 musim membela Real Madrid dari 1953 hingga 1971 silam.

Di masa itu, pemain sayap kiri tersebut sukses membawa Los Blacos memenangkan enam gelar Piala Liga Champions, 12 trofi Liga Spanyol, dua Piala Spanyol, satu Intercontinental Cup, satu Mini World Cup dan dua kali Latin Cups.

Kemudian saat membela tim nasional, Paco Gento pernah membela Spanyol bermain di ajang bergengsi Piala Dunia 1962 dan 1966 silam.