Bursa Transfer

FIFA Bikin Aturan Transfer 'Nyeleneh' Baru, Bikin Pusing Klub-klub Besar Eropa?

Jumat, 21 Januari 2022 18:46 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim-tim sepak bola Eropa dan seluruh dunia tampaknya harus segera menyesuaikan diri dengan aturan anyar yang baru saja disahkan oleh FIFA terkait peminjaman pemain. Mulai musim depan, jumlah pemain yang dimiliki untuk sementara atau dititipkan pada klub lain akan dibatasi jumlahnya.

Pada 2022/2023, sebuah kesebelasan hanya boleh meminjam dan meminjamkan delapan pemain. Untuk musim selanjutnya jumlah tersebut kembali dikikis menjadi tujuh dan jika musim 2024/2025 tiba maka batasnya hanya boleh enam saja.

Tidak hanya masalah kuantiti saja yang coba ditertibkan oleh FIFA. Sejumlah tetek bengek lain juga mereka atur seperti durasi maupun jumlah maksimal penerimaan peminjaman dari sebuah tim.

Paling lama kini seorang pemain hanya bisa diberi durasi kontrak satu musim paling lama dan paling sedikit di antara dua waktu registrasi pemain. Bila ingin diperpanjang maka harus ada penandatanganan proposal baru.

Sementara itu, sebuah klub hanya bisa menampung maksimal tiga pemain loan yang berasal dari satu klub yang sama. Hanya saja kuota ini terbatas hanya untuk pemain yang sudah memiliki kontrak profesional saja.

Walaupun kedengarannya aneh namun FIFA menerapkan aturan ini untuk mencegah sebuah klub menimbun pemain secara mubazir. Terkadang memang ada sejumlah kesebelasan yang punya skuat gendut namun tidak dapat memberikan menit tampil yang merata sehingga dengan seenaknya mengirim para pemain untuk dipinjamkan saja.