In-depth

Komoro, Debutan ‘Asing’ yang Sukses Lolos dari Grup Neraka Piala Afrika

Jumat, 21 Januari 2022 11:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Meski berstatus debutan, Timnas Komoro yang mengandalkan pemain asing berhasil lolos dari grup neraka Piala Afrika dan bakal tampil di babak 16 besar.(Mohamed Abd El Ghany/REUTERS) Copyright: © REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Meski berstatus debutan, Timnas Komoro yang mengandalkan pemain asing berhasil lolos dari grup neraka Piala Afrika dan bakal tampil di babak 16 besar.(Mohamed Abd El Ghany/REUTERS)

INDOSPORT.COM – Meski berstatus debutan, Timnas Komoro yang mengandalkan pemain asing berhasil lolos dari grup neraka Piala Afrika dan bakal tampil di babak 16 besar.

Selain gelaran liga-liga domestik Eropa, dunia sepak bola kini juga tengah dimeriahkan oleh gelaran Piala Afrika 2021.

Meski tak sepopuler ajang serupa seperti Piala Eropa maupun Copa America, Piala Afrika tetap menuai sorotan karena banyaknya bintang sepak bola yang turun membela negaranya masing-masing seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Edouard Mendy, hingga Riyad Mahrez.

Piala Afrika 2021 sendiri baru saja menuntaskan fase grup. Sebanyak 16 tim dari 6 grup yang ada lolos ke babak 16 besar yakni 6 tim juara grup, 6 runner up, dan 4 peringkat 3 terbaik.

Kejutan terjadi dengan gugurnya Aljazair usai hanya jadi juru kunci grup E dengan koleksi 1 poin dari 3 laga. Padahal, Riyad Mahrez dkk adalah juara bertahan.

Kejutan lain dibuat oleh Timnas Komoro. Tim yang baru pertama kali tampil di Piala Afrika ini sukses melaju ke babak 16 besar, sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Di babak 16 besar yang dijadwalkan digelar pada 24 Januari, Komoro akan bertemu tim raksasa Kamerun yang lolos sebagai juara grup A.

Laga ini diprediksi akan sulit bagi Komoro, mengingat Kamerun adalah salah satu raksasa Afrika yang diperkuat sejumlah pemain yang berkarier di Eropa seperti Andre Onana. Tak hanya itu, Kamerun juga tak terkalahkan di fase grup dengan merebut 2 kemenangan dan 1 seri.