Liga Indonesia

Belasan Pelatih Liga 1 Didepak, Juru Taktik Persib Bandung Beri Komentar Pedas

Senin, 24 Januari 2022 12:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai banyaknya tim peserta kompetisi Liga 1 2021-2022 yang mengganti pelatihnya. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai banyaknya tim peserta kompetisi Liga 1 2021-2022 yang mengganti pelatihnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai banyaknya tim peserta kompetisi Liga 1 2021-2022 yang mengganti pelatihnya.

Memasuki putaran kedua Liga 1 2021-2022, sejauh ini total sudah ada 12 klub yang melengserkan pelatihnya. Artinya hanya enam tim yang masih mempertahankan pelatih pilihan mereka sejak awal musim.

Tim-tim tersebut adalah Persita dilatih Widodo C Putro, Bhayangkara FC dilatih Paul Munster, Persebaya dilatih Aji Santoso, Bali United dilatih Stefano Cugurra Teco, Arema FC dilatih Eduardo Almeida, dan Persib yang masih dilatih Robert Rene Alberts.

Menurut Robert Alberts, dari 12 tim tersebut beberapa di antaranya bahkan melakukan pergantian pelatih lebih dari satu kali hingga memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022.

"Selain Persib, hanya ada lima yang belum diganti pelatihnya, Bhayangkara, Persebaya, Arema, Bali dan Persita. Jadi jika melihat total ada 18 klub dikurangi enam maka ada 12 tim yang mengganti pelatih dan beberapa ada yang dua kali," kata Robert Alberts.

Pelatih asal Belanda ini menilai, banyaknya tim yang melakukan pergantian pelatih kemungkinan besar hanya terjadi di Indonesia. Pasalnya, hingga memasuki pekan ke-20 sudah 12 tim yang mengganti posisi pelatihnya.

"Mungkin ini rekor di dunia. Apa yang kami lakukan? Apa filosofi di balik itu? Kamu harus realistis, kamu harus profesional dalam melakukan pendekatan (target). Ini seperti rekor dunia, karena sangat banyak melakukan pergantian pelatih," ungkap Robert Alberts.