Bola Internasional

12 Pemain Timnas India Kena Covid-19, Tim Tuan Rumah Gugur dari Piala Asia Wanita

Senin, 24 Januari 2022 16:55 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© the-afc
Piala Asia Wanita 2022. Foto: the-afc Copyright: © the-afc
Piala Asia Wanita 2022. Foto: the-afc

INDOSPORT.COM - Tim tuan rumah, India harus gugur dari turnamen Piala Asia Wanita 2022 setelah sebanyak 12 pemainnya terpapar virus corona.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengkonfirmasi bahwa pertandingan Piala Asia Wanita 2022 antara India vs Taiwan batal digelar.

Sejatinya pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Stadion Patil Navi Mumbai pada, Minggu (23/1/22). Keputusan itu diambil setelah sebanyak 12 pemain Timnas India terpapar Covid-19.

Dengan demikian, tim tuan rumah gagal memenuhi syarat minimal yakni 13 pemain untuk bertanding di Grup A melawan Taiwan.

Hal itu sesuai dengan Pasal 4.1 dari ‘Aturan Khusus yang Berlaku untuk Kompetisi AFC selama pandemi COVID-19’. Selanjutnya, ketidakmampuan India untuk berpartisipasi dalam pertandingan juga membuat pasal 6 peraturan Piala Asia Wanita 2022 harus dipenuhi.

Dalam aturan disebutkan, "Jika tim peserta memiliki kurang dari 13 pemain yang bisa bertanding karena alasan apa pun (terkait Covid-19 atau tidak), tim tersebut tidak bisa melanjutkan pertandingan."

"Tim harus bertanggung jawab atas tidak berlangsungnya pertandingan dan dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi."

Dengan demikian, Timnas India Putri harus gugur dari Piala Asia Wanita 2022. Selanjutnya, turnamen tersebut akan tetap diteruskan sesuai jadwal.