Liga Inggris

3 Bintang Timnas Spanyol yang Bisa Dibawa Luis Enrique ke Manchester United

Selasa, 25 Januari 2022 11:24 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images
Luis Enrique menjadi kandidat terbaru calon manajer anyar Manchester United. Kedatangannya bisa diikuti 3 pemain andalannya di timnas Spanyol. (Foto: Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images) Copyright: © Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images
Luis Enrique menjadi kandidat terbaru calon manajer anyar Manchester United. Kedatangannya bisa diikuti 3 pemain andalannya di timnas Spanyol. (Foto: Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images)

INDOSPORT.COMLuis Enrique menjadi kandidat terbaru calon manajer anyar Manchester United. Kedatangannya bisa diikuti 3 pemain andalannya di Timnas Spanyol.

Manchester United memang telah memiliki manajer baru dalam diri Ralf Rangnick. Namun, bukan berarti perburuan untuk mencari juru taktik anyar musim depan berakhir.

Pasalnya, Rangnick hanya dikontrak hingga akhir musim ini sehingga Setan Merah perlu mencari manajer permanen untuk musim depan.

Sejumlah nama mengemuka sebagai calon manajer baru MU. Dua di antaranya Erik ten Hag dan Mauricio Pochettino, yang sudah disebut-sebut sejak sebelum kedatangan Rangnick.

Laporan terbaru The Athletic menyebut Ten Hag dan Pochettino masih berada dalam radar Manchester United hingga saat ini. Namun, ada 2 nama lain yang menjadi pesaing Ten Hag dan Pochettino, yakni Luis Enrique dan Julen Lopetegui.

Lopetegui sempat membuat gempar ketika dipecat mendadak dari timnas Spanyol jelang Piala Dunia 2018 karena diam-diam menerima pinangan Real Madrid. Ironisnya, ia kemudian hanya melatih Madrid selama 3 bulan sebelum dipecat karena rangkaian hasil buruk.

Meski demikian, namanya kembali berkibar sejak ia melatih Sevilla dari 2019 hingga saat ini, dengan membawa Los Nervionenses menjuarai Liga Europa dan kini berada di peringkat kedua Liga Spanyol.

Sementara itu, Luis Enrique terbilang sukses saat membesut Barcelona dengan meraih 9 gelar, termasuk treble winners Liga Champions, Liga Spanyol, dan Copa del Rey pada 2014/2015.

Selepas dari Barcelona, Enrique membesut Timnas Spanyol dari 2019 hingga saat ini. Meski belum menghadirkan gelar, ia membawa La Furia Roja konsisten di level atas dengan menembus semifinal Euro 2020 dan menjadi runner-up Nations League.

Dengan pengalaman dan kualitasnya, Luis Enrique bisa dianggap sebagai kandidat terbaik dibandingkan tiga nama lainnya.

Enrique sendiri memang masih terikat kontrak dengan Timnas Spanyol, namun godaan kembali melatih klub dan menjajal pengalaman di Liga Inggris bisa saja membuatnya menyebrang ke Old Trafford.

Di sisi lain, kehadiran Enrique ke Manchester United berpotensi diikuti sejumlah anak buahnya di timnas Spanyol. Apalagi, memang ada beberapa pemain La Furia Roja yang sesuai kebutuhan MU. Siapa saja para pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya.