Bola Internasional

Siapkan Amunisi untuk Luis Milla, Timnas Singapura Naturalisasi Playmaker Jepang

Rabu, 26 Januari 2022 17:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© straitstimes
Kyogo Nakamura berencana menjadi pemain timnas Singapura lewat proses naturalisasi setelah sebelumnya membela Jepang di kelompok umur. Copyright: © straitstimes
Kyogo Nakamura berencana menjadi pemain timnas Singapura lewat proses naturalisasi setelah sebelumnya membela Jepang di kelompok umur.

INDOSPORT.COM - Tidak cuma mencari manajer asing top dengan rumor menyebut Luis Milla sebagai target utama, Timnas Singapura juga ingin menambah kualitas mereka dengan jalan naturalisasi. Gelandang kelahiran Jepang, Kyoga Nakamura, adalah target mereka.

Beruntung yang bersangkutan juga punya niatan untuk membela The Lions. Pasalnya ia sudah jatuh hati sejak pertama kali datang ke Singapura sebagai pemain sepak bola pada 2019 lalu.

Nakamura pada awalnya adalah salah satu penggawa timnas junior Jepang hingga 2013 silam. Hanya saja karier profesionalnya tidak berjalan lancar dan hanya berkutat di divisi dua dan tiga liga negeri sakura.

Ia kemudian menerima tawaran untuk merumput di Singapura bersama tim satelit Albirex Niigata. Usai mencetak 7 gol dan 8 assist dari 27 laga di sepanjang musim 2019, Nakamura kemudian diangkut oleh raksasa Tampines Rovers.

Performanya di Tampines juga memuaskan sehingga klub berjuluk The Stags tersebut bahkan sampai relah memperpanjang kontraknya hingga lima tahun. Sebelumnya belum pernah ada kontrak sedemikian panjang karena layaknya klub Indonesia, tim Singapura pun terbiasa memberi kontrak satu tahun saja.

Sebagai perbandingan, dua bintang Timnas Singapura yang membela Lion City yakni Hariss Harun dan Anumanthan hanya diberi tiga setengah dan tiga tahun kontrak. Padahal secara ekonomi, Lion lebih mapan ketimbang Tampines.

Hal ini sepertinya dilakukan Tampines untuk membantu niatan Nakamura untuk memegang paspor Singapura. Menurut aturan FIFA, pemain asing yang tak punya darah keturunan yang ingin membela timnas suatu negara baru boleh dinaturalisasi setelah tinggal lima tahun berturut-turut di negara tersebut.