In-depth

Arsenal dan Hobi Baru Memutus Kontrak Para Bintangnya, Ada Apa?

Kamis, 3 Februari 2022 17:56 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Catherine Ivill/Getty Images
Pemutusan kontrak pemain menjadi hal yang kerap terjadi di klub Liga Inggris, Arsenal, belakangan ini. Contoh terbaru adalah striker Pierre-Emerick Aubameyang.(Foto: Catherine Ivill/Getty Images) Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Pemutusan kontrak pemain menjadi hal yang kerap terjadi di klub Liga Inggris, Arsenal, belakangan ini. Contoh terbaru adalah striker Pierre-Emerick Aubameyang.(Foto: Catherine Ivill/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Pemutusan kontrak pemain menjadi hal yang kerap terjadi di klub Liga Inggris, Arsenal, belakangan ini. Contoh terbaru adalah striker Pierre-Emerick Aubameyang.

Arsenal menjadi salah satu klub Liga Inggris yang melempem sepanjang bursa transfer musim panas yang baru saja berakhir.

Santer dikaitkan dengan sejumlah nama seperti Dusan Vlahovic, Alexander Isak, hingga Arthur Melo, The Gunners pada akhirnya hanya memboyong bek muda Amerika Serikat, Auston Trusty.

Meski demikian, pemaini 23 tahun itu baru akan datang ke London musim panas nanti, karena kembali dipinjamkan ke klub lamanya, Colorado Rapids.

Di sisi lain, The Gunners justru melepaskan sejumlah pemain. Selain Ainsley Maitland-Niles yang dipinjam AS Roma, salah satu kepergian paling mencolok adalah Pierre-Emerick Aubameyang.

Bomber asal Gabon itu resmi hengkang ke raksasa Spanyol, Barcelona, di hari terakhir bursa, setelah sebelumnya ditepikan dari skuat Arsenal akibat ulah indispliner.

Aubameyang pun akhirnya resmi diperkenalkan Barcelona pada Rabu (02/02/22) lalu. Sang penyerang diikat kontrak di Camp Nou hingga Juni 2025.

Di sisi lain, situasi menarik terjadi karena Aubameyang bergabung dengan Barcelona secara bebas transfer. Padahal, ia sejatinya masih terikat kontrak dengan Arsenal hingga Juni 2023.

Rupanya, The Gunners memutuskan untuk mengakhiri kontrak bintang 32 tahun itu lebih cepat sehingga ia bisa pindah secara bebas ke Barcelona, dan dengan demikian menutup peluang klub mendapatkan dana transfer dari kepindahannya.

Tak hanya itu, Arsenal bahkan harus membayar kompensasi sebesar 7 juta pounds akibat pemutusan kontrak lebih awal itu.

Menariknya, situasi pemutusan kontrak ini belakangan kerap terjadi di tubuh Arsenal. Sebelum Aubameyang, sejumlah bintang juga mengalaminya dalam waktu 2 tahun ke belakang.