Bola Internasional

Tak Trauma Kalah dari Timnas Indonesia, Thailand Tolak Panggil Bintang ke Piala AFF U-23

Kamis, 3 Februari 2022 20:49 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© art4d.com
Thailand U-23 makin terlihat inferior di ajang Piala AFF U-23 setelah hanya memanggil pemain U-19 yang mana membuat skuat Timnas Indonesia bertabur bintang. Copyright: © art4d.com
Thailand U-23 makin terlihat inferior di ajang Piala AFF U-23 setelah hanya memanggil pemain U-19 yang mana membuat skuat Timnas Indonesia bertabur bintang.

INDOSPORT.COM - Thailand rupanya benar-benar mengirimkan skuat U-19 untuk mengikuti ajang Piala AFF U-23 mendatang. Kendati harus menghadapi timnas Indonesia yang padat nama-nama beken, Gajah Perang muda tidak merasa gentar dan memegang teguh kata-kata mereka.

Pada Rabu (02/02/22) lalu Thailand resmi mengumumkan 28 nama pemain yang akan dibawa pelatih Salva Valero Garcia asal Spanyol sebagai pengganti sementara dari Worrawoot Srimaka. Skuat tersebut 100% diisi oleh pemain yang berlaga di Liga Thailand berbagai level.

Hampir semua pemain berada dalam rentang usia 17-18 tahun. Hanya ada satu pemain yang lebih tua dari 20 tahun yakni Anusak Jaiphet (22) dan bahkan Thailand masih sempat menyertakan penggawa berusia 16 tahun dalam diri Tanawut Pochai.

Padahal jika mau, Thailand bisa mengirimkan pemain-pemain yang lebih senior dan punya pengalaman. Bahkan sejumlah penggawa Changsuek di ajang Piala AFF 2020 lalu yang sukses menjadi juara masih bisa masuk kategori U-23.

Contohnya saja Kritsada Kaman (22) yang bahkan mampu menembus best eleven Piala AFF 2020 lalu. Begitu juga dengan bek blasteran Denmark, Jonathan Khemdee (19), yang partisipiasinya terganggu karena keracunan makanan. 

Wonderkid berusia 19 tahun yang sudah mengoleksi tujuh caps dan dua gol bersama Thailand senior, Suphanat Muentea, yang semula diprediksi akan diajak juga tidak terlihat namanya. Padahal ia rajin membuat sensasi sejak debut pro pada 2018 silam.

Bintang belia milik Buriram United tersebut sudah membantu klubnya memenangi gelar Thai League 1 di musim pertamanya. Suphanat juga menjadi pemain kelima termuda di ajang Liga Champions Asia 2019 sekaligus jadi pencetak gol termuda kala menjebol gawang Beijing Guoan di usian 16 tahun, 8 bulan, dan 7 hari.

Tampaknya Thailand ingin mempercepat proses regenerasi timnasnya meski mereka masih yang terkuat di kawasan Asia Tenggara. Kekalahan dari timnas Indonesia di final AFF U-23 edisi 2019 silam tidak membuat mereka takut untuk terus percaya pada pemain-pemain muda.