Bola Internasional

Kualifikasi Piala Asia Kian Dekat, Kedatangan Kim Pan-gon ke Malaysia Malah Terhambat

Minggu, 6 Februari 2022 21:13 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Wikipedia
Kim Pan-gon dilaporkan belum bisa menukangi timnas Malaysia akibat izin kerjanya belum juga diturunkan pemerintah negeri jiran. Copyright: © Wikipedia
Kim Pan-gon dilaporkan belum bisa menukangi timnas Malaysia akibat izin kerjanya belum juga diturunkan pemerintah negeri jiran.

INDOSPORT.COM - Tim nasional Malaysia diterpa kabar buruk terkait pelatih kepala baru mereka yakni Kim Pan-gon. Kedatangan sang manajer dikabarkan harus tertunda karena masih ada yang belum tuntas terkait dokumen yang dibutuhkan untuk bekerja secara resmi belum dilengkapi.

Menurut keterangan dari federasi sepak bola Malaysia (FAM), Kim seharusnya sudah tiba dari Korea Selatan pada awal Februari ini. Hanya saja penantian mereka harus diperpanjang sekiranya satu sampai dua pekan.

Kim belum diperbolehkan memasuki Malaysia dengan visa dan pasport biasa karena kepentingannya di sana adalah tinggal dan mencari nafkah. Butuh izin kerja dari pemerintah setempat sebelum mantan wakil presiden asosiasi sepak bola Korsel tersebut bisa seutuhnya menjadi nakhoda anyar skuat Harimau Malaya.

"Jika semua semuanya lancar maka Kim Pan-gon bisa mendarat pada minggu depan. Paling lama dua pekan lagi. FAM masih harus mengurus berkas-berkas yang dibutuhkan dan baru setelah itu jadwal kedatangan bisa dipastikan," ungkap sekjen FAM yakni Mohd Saifuddin Abu Bakar pada Bernama.

"FAM tidak bisa seenaknya menyuruh Kim datang lebih cepat. Jika tidak menuruti aturan, nantinya dia malah tidak diperbolehkan masuk ke Malaysia," tambahnya lagi.

Hambatan birokrasi tidak hanya dirakasan oleh Kim saja. Empat asisten yang rencananya ia bawa dari Korsel juga masih belum bisa menjejakkan kaki di Malaysia.

Pria 52 tahun tersebut kabarnya hendak mempekerjakan masing-masing satu asisten pelatih, pelatih penjaga gawang, pelatih kebugaran, dan analis pertandingan. Elemen staff kepelatihan lain akan Kim cari dari sumber daya yang disediakan FAM.