Liga Indonesia

Termasuk Bali United, 3 Tim Liga 1 Masuk Daftar Klub Termahal di Asia Tenggara

Rabu, 9 Februari 2022 16:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Logo Bali United. Copyright: © adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Logo Bali United.

INDOSPORT.COM – Bali United dan dua tim Liga 1 Indonesia berhasil masuk di daftar 10 klub termahal di Asia Tenggara. Dua tim lainnya yakni Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Daftar 10 klub dengan nilai skuat termahal di Asia Tenggara dirilis oleh ASEAN Futbol (@Aseanfutbol) melalui akun media sosial resmi di Instagram, Rabu (09/02/22).

Tim asal Thailand, Buriram United, menduduki posisi pertama dalam daftar tersebut. Tim Liga 1 Thailand tersebut mencatat kekayaan skuat mencapai 7,53 juta euro atau setara Rp123 miliar.

Melansir dari data Transfermarkt, bek kiri Timnas Thailand sekaligus juara Piala AFF 2022, Theerathon Bunmathan, menjadi penyumbang terbesar total nilai skuat Buritam United saat ini.

Diketahui, Theerathon Bunmathan yang pernah bermain di klub J-League Yokohama FC tersebut memiliki nilai 700 ribu euro (Rp11,4 miliar), termahal di kompetisi Liga Thailand sejauh ini.

Di belakang Buriram United, terdapat klub asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim, yang memiliki nilai skuat mencapai 7,20 juta euro atau setara Rp117,8 miliar.

Menariknya, JDT ternyata memiliki pemain termahal yakni striker asal Italia Fernando Forestieri yang ternyata nilainya 200 ribu euro lebih mahal dari Theerathon, yakni 900 ribu euro (Rp14,7 miliar).

Lantas, adakah tim dari Indonesia yang masuk dalam daftar ini? Bali United, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ternyata berhasil masuk ke daftar tersebut.

Bali United menduduki peringkat keenam di daftar ini dengan nilai skuat mencapai 5,36 miliar atau setara Rp87,8 miliar. Nilai ini disumbang oleh beberapa pemain yang memiliki nilai pasar rata-rata 300 ribu euro.

Striker naturalisasi asal Montenegro, Ilija Spasojevic, sejauh ini masih menjadi pemain termahal Bali United dengan nilai pasar 325 juta euro atau Rp5,3 miliar).

Disusul gelandang serang asal Brasil, Eber Bessar, dan dua penggawa Timnas Indonesia yakni Nadeo Argawinata dan Irfan Jaya, masig-masing mencatat nilai pasar 300 ribu euro (Rp4,9 miliar).