In-depth

3 Fakta Menarik dari Tijjani Reijnders, Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

Jumat, 11 Februari 2022 19:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Soccrates/Getty Images
Playmaker asal Belanda keturunan Indonesia Tijjani Reijnders yang tengah membela AZ Alkmaar. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Playmaker asal Belanda keturunan Indonesia Tijjani Reijnders yang tengah membela AZ Alkmaar.

INDOSPORT.COM - Tijjani Reijnders disebut-sebut akan menjadi pemain naturalisasi terbaru untuk Timnas Indonesia yang diajukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Seperti apa fakta-faktanya?

PSSI baru-baru ini telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, pada Kamis (10/02/22) di gedung Kemenpora, Jakarta.

Pertemuan tersebut berlangsung untuk membahas agenda naturalisasi sejumlah pemain keturunan, untuk kebutuhan Timnas Indonesia.

Sudah ada dua pemain keturunan yang saat ini dalam proses yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Satu pemain lagi dikabarkan siap diajukan untuk dinaturalisasi.

Dia adalah Tijjani Reijnders. Hal itu diketahui ketika Menpora Zainudin Amali membacakan daftar terbaru pemain yang diajukan PSSI untuk dinaturalisasi.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani membenarkan nama Reijnders kini sedang diproses. Hanya saja Hasani belum bisa bicara banyak soal sosok tersebut karena bari diajukan coach Shin.

"Ya, betul Tijjani (Reijnders) diajukan, tapi soal dia saya masih nol sekali. Belum sama sekali ngomong. Tapi yang dua ini (Sandy Walsh dan Jordi Amat) sudah selesai," kata Hasani.

Tijjani Reijnders sendiri adalah pemain berposisi gelandang, ia mempunyai darah keturunan Indonesia yang mengalir dari sang ibu berdarah Ambon.

Saat ini Tijjani Reijnders bermain di liga utama Belanda, Eredivisie, memperkuat AZ Alkmaar. Berikut beberapa fakta menarik tentany dirinya: