In-depth

Bedah Kekuatan 3 Rival Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF U-23

Kamis, 10 Februari 2022 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022. Foto: PSSI. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022 yang bakal kick-off 14 Februari mendatang.

Jika tidak aral melintang, Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni partai perdananya kontra Laos pada 15 Februari. Setelah itu, dilanjut Myanmar pada 18 Februari, dan yang terakhir Malaysia pada 21 Februari.

Para peserta Piala AFF U-23 2022 sendiri memang dibagi menjadi Grup A, B, dan C, masing-masing beranggotakan tiga sampai empat negara.

Di kompetisi sepak bola kelompok usia ini, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Kemudiann, Grup A beranggotakan Kamboja sebagai tuan rumah, ditemani Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sementara itu, mereka yang ada di Grup C adalah Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Dari tiga rival di Grup B, hanya Malaysia dan Myanmar yang pernah berhadapan dengan Indonesia di fase yang sama pada edisi sebelumnya. Saat itu, keduanya gagal lolos ke fase knockout.

Indonesia, yang berstatus runner-up pun melaju ke semifinal menemani Kamboja yang berstatus kampiun grup. Skuat Garuda muda pun melaju jauh di kompetisi yang bangkit sebagai turnamen U-22 tersebut.

Di partai puncak usai menghajar Vietnam, mereka berjumpa Thailand dan menang dengan skor tipis 2-1. Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay tampil sebagai pahlawan gol Timnas Indonesia di laga yang digelar di Phnom Penh.

Kini pada edisi Piala AFF U-23 2022, Indonesia dan Malaysia kembali dipertemukan awal di fase grup. Tentu partai keduanya bakal menjadi tontonan seru para pencinta sepak bola di Tanah Air dan Negeri Jiran.

Terlebih lagi, dua negara yang bertetangga ini juga dikenal dengan rivalitas sengit di lapangan hijau. Selain Malaysia dan Myanmar yang sudah pernah segrup dengan Indonesia, Laos juga rival yang layak diwaspadai.