Bola Internasional

Lawan Indonesia, 3 Alasan Laos Jadi Musuh Berbahaya di Piala AFF U-23

Selasa, 8 Februari 2022 18:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Suasana pertandingan antara Indonesia U-23 vs Laos U-23 SEA Games Filipina 2019, Kamis (05/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Suasana pertandingan antara Indonesia U-23 vs Laos U-23 SEA Games Filipina 2019, Kamis (05/12/19).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dijadwalkan berjumpa Laos di putaran grup Piala AFF U-23 2022 yang kick-off nya hanya tinggal menghitung hari saja.

Perhelatan Piala AFF U-23 dijadwalkan bergulir mulai 14 Februari mendatang. Sebanyak 11 kontestan siap berlomba jadi yang terbaik di kompetisi sepak bola kelompok usia se-Asia Tenggara ini.

Mereka terbagi dalam tiga grup yang masing-masing berisi tiga sampai empat negara. Grup A terdiri dari Kamboja sang tuan rumah, ditemani Timor-Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Lalu untuk Grup C diisi oleh Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Sejauh ini, Indonesia masih jadi favorit memenangkan Piala AFF U-23 2022 lantaran berstatus juara edisi sebelumnya.

Menurut jadwal, skuat Garuda muda akan menghadapi Laos di jadwal perdana mereka di edisi 2022 ini. Jika tidak ada aral melintang, pertandingan bakal digelar di Prince Stadium, Phnom Penh, pada 15 Februari mendatang.

Jika berbicara soal catatan pertemuan kedua tim, sepertinya tidak banyak yang bisa dibahas lantaran mereka belum pernah berjumpa di gelaran Piala AFF U-23. Apalagi, ajang ini juga baru digelar tiga kali sepanjang sejarah.

Praktis, pertemuan Indonesia dan Laos U-23 lebih banyak terjadi di pesta multi-sport se-Asia Tenggara, SEA Games. Yang pertama, pada edisi 2003 ketika keduanya berhadapan di fase grup sepak bola putra.

Saat itu, Indonesia menang tipis atas Laos dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Bambang Pamungkas. Setelah itu, dua negara ini beberapa kali bertemu di SEA Games dan skuat Garuda mencatatkan hasil yang positif.