Bola Internasional

Sepak Terjang 4 Pelatih Asing di Grup B Piala AFF U-23, Siapa Unggul?

Rabu, 9 Februari 2022 20:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong, salah satu pelatih asing di Piala AFF U-23 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong, salah satu pelatih asing di Piala AFF U-23 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Para tim yang berada di Grup B Piala AFF U-23 2022 yakni Timnas Indonesia, Laos, Malaysia, dan Myanmar seluruhnya ditangani pelatih asal luar negeri.

Diketahui, Piala AFF U-23 2022 akan segera bergulir dalam hitungan hari. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kelompok usia antarnegara Asia Tenggara ini baru dua kali dihelat sepanjang sejarah.

Indonesia dan Thailand pun tercatat sebagai peserta tersukses di ajang ini dengan masing-masing satu gelar mereka pada edisi 2005 dan 2019.

Untuk edisi 2022, Grup A beranggotakan Kamboja, Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Filipina. Timnas Indonesia U-23 di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos, sedangkan Grup C dihuni Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Timnas Indonesia U-23 tentu akan tampil habis-habisan karena datang sebagai juara bertahan. Untuk diingat kembali, pada edisi sebelumnya (2019), Osvaldo Haay dkk saat itu menekuk Thailand 2-1 di partai final.

Sebanyak 29 pemain disiapkan untuk melakoni Piala AFF U-23 2022. Selain itu, muka-muka familier yang menghiasi Piala AFF 2020 pun bakal meningkatkan motivasi dan optimisme rombongan Timnas Indonesia.

Selain Indonesia, para peserta di Grup B Piala AFF U-23 2022 pastinya juga tidak ketinggalan untuk mempersiapkan diri. Namun di tengah rivalitas yang sengit, terselip satu persamaan di antara negara-negara ini.

Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Laos semuanya ditangani oleh pelatih asing. Lantas, seperti apa sepak terjang para juru taktik ini? Berikut sekilas ulasannya.