Bola Internasional

Media Vietnam Terkejut Timnas Indonesia Mundur dari Piala AFF U-23

Jumat, 11 Februari 2022 22:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Timnas Indonesia U-23 mendapat vaksi ketiga (Booster) sebelum berangkat ke Kamboja. FOTO: PSSI Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-23 mendapat vaksi ketiga (Booster) sebelum berangkat ke Kamboja. FOTO: PSSI

INDOSPORT.COM – Media di Vietnam ikut terkejut dengan kabar bahwa Timnas Indonesia U-23 memutuskan menarik diri dari keikutsertaan di turnamen Piala AFF U-23 2022.

Ambisi Shin Tae-yong membantu timnas Garuda Muda mempertahankan gelar luara Piala AFF U-23 gagal terlaksana setelah mereka memutuskan mundur dari turnamen.

Batalnya Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022 dikonfrmasi oleh sekertaris jenderal (sekjen) PSSI, Yunus Nusi melalui laman resmi federasi pada Jumat (11/02/22) pagi WIB.

Kabar ini membuat media tetangga se-Asia Tenggara Vietnam, Laodong, terkejut. Pasalnya, Indonesia merupakan tim yang difavoritkan untuk mereut gelar juara kedua berturut-turut.

Media ini menyebut bahwa pengumuman tersebut datang begitu tiba-tiba, mengingat turnamen itu akan dimulai pada 14-26 Februari 2022 di Phnom Penh, Kamboja.

“Timnas Indonesia tiba-tiba mundur dari Kejuaraan AFF U23 2022 karena banyak pemain yang terjangkit COVID-19 dan mengalami cedera,” demikian tulis media tersebut.

Media ini juga menyoroti pernyataan federasi sepak bola Indonesia (PSSI) yang menjelaskan penyebab Timnas Garuda Muda batal bersaing di turnamen se-Asia Tenggara tersebut.

“Homepage PSSI mengatakan bahwa Indonesia U23 tidak akan memiliki cukup skuat untuk turnamen mendatang karena hingga 7 pemain positif COVID-19, 4 pemain dalam isolasi dan 3 pemain lainnya mengalami cedera,” tulis Laodong.

“Khususnya, pasukan pelatih Shin Tae-yong hanya memiliki 1 penjaga gawang yang tersisa, tetapi penjaga gawang ini juga terisolasi,” lanjut media tersebut.