Liga Indonesia

Menpora Zainudin Amali Bangkitkan Semangat Timnas Indonesia yang Batal Tampil di Piala AFF U-23

Minggu, 13 Februari 2022 06:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mencoba membangkitkan semangat para pemain Timnas Indonesia yang baru saja batal tampil di Piala AFF U-23 2022. 

Zainudin Amali meminta para pemain Timnas Indonesia untuk tetap semangat dan bangkit menatap berbagai kejuaraan mendatang.

"Kesempatan bertanding ke depan masih banyak. Mereka ini dipersiapkan untuk event-event selanjutnya. Saya harap mereka tetap semangat. Masih banyak ajang yang bisa diikuti," ujar Zainudin dilansir dari Antara.

Meskipun batal mengikuti Piala AFF U-23, Timnas Indonesia masih punya sederet agenda pada tahun ini. Termasuk SEA Games Vietnam, Asian Games Hangzhou, Piala AFF, dan Kualifikasi Paila Asia 2023.

Zainudin Amali meminta PSSI untu tetap fokus pada pemulihan para pemain sehingga mereka bisa bangkit menghadapi kejuaraan-kejuaraan yang akan datang.

Lebih lanjut, Zainudin memahami keputusan PSSI dan pelatih Shin Tae-yong untuk membatalkan keikutsertaan tim nasional di piala AFF U-23 di Kamboja.

Menurut Menpora, tidak mungkin memaksakan partisipasi Indonesia di tengah situasi saat ini ketika banyak pemain terpapar Covid-19.

"Situasi sekarang masih dalam pandemi Covid-19. Saya memahami keputusan yang diambil federasi dan pelatih. Pasti hal ini sudah dipikirkan dengan matang. Saya kira kesehatan dan keselamatan yang utama," pungkasnya.

Sebelumnya, PSSI memutuskan untuk menarik mundur partisipasi Indonesia dari Piala AFF U-23 2022. Keputusan itu diambil setelah adanya tujuh pemain Covid-19 dan empat orang lainnya wajib isolasi setelah melakukan kontak erat.