Liga Champions

Bintang Muda Liverpool Masuk Buku Sejarah di Liga Champions

Kamis, 17 Februari 2022 17:57 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Harvey Elliott dan Fabinho di situasi sebelum laga Inter Milan vs Liverpool dalam ajang Liga Champions. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo. Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Harvey Elliott dan Fabinho di situasi sebelum laga Inter Milan vs Liverpool dalam ajang Liga Champions. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo.

INDOSPORT.COM - Harvey Elliott masuk dalam starting line-up Liverpool untuk pertama kalinya dalam pertandingan melawan Inter Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022, Kamis (17/02/22) dini hari WIB. 

Dalam kemenangan Liverpool 2-0 atas Inter Milan di Giuseppe Meazza itu, Harvey Elliott menjadi pemain termuda dalam sejarah Liverpool yang menjadi starter di Liga Champions.

Pada usia 18 tahun 318 hari, Elliott memecahkan rekor Trent Alexander-Arnold menjadi pemain Liverpool termuda yang tampil dalam pertandingan Liga Champions.

Rekor lama Alexander-Arnold dibuat pada 2017 ketika pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu masih berusia 18 tahun 354 hari, bermain melawan Spartak Moscow.

Elliott juga menjadi pemain Inggris termuda yang melakukan debutnya di babak sistem gugur Liga Champions. Rekor sebelumnya menjadi milik Kieran Gibbs, 19 tahun 201 hari, saat bermain bersama Arsenal di perempatfinal musim 2008/2009.

Pada pertandingan melawan Inter Milan, Elliott ditempatkan bersama Fabinho dan Thiago Alcantara di lini tengah Liverpool. Dia bermain 59 menit, memiliki 36 sentuhan, 24 operan akurat, mencapai tingkat keberhasilan 75%.