Liga Europa

Mengenang Starting XI Terakhir Barcelona di Liga Europa: Penuh Legenda

Kamis, 17 Februari 2022 12:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© yohannzveig.com
Barcelona akan hadapi Napoli di Liga Europa. Seperti apa kabar starting XI terakhir mereka saat terakhir tampil di kompetisi itu 18 tahun lalu? Copyright: © yohannzveig.com
Barcelona akan hadapi Napoli di Liga Europa. Seperti apa kabar starting XI terakhir mereka saat terakhir tampil di kompetisi itu 18 tahun lalu?

INDOSPORT.COM Barcelona akan hadapi Napoli di Liga Europa. Seperti apa kabar starting XI terakhir mereka saat terakhir tampil di kompetisi itu 18 tahun lalu?

Barcelona akan mengawali petualangan baru di Liga Europa, dengan menghadapi Napoli dalam leg pertama playoff babak gugur, Jumat (18/02/22) pukul 00.45 WIB.

Blaurrana mengawali perjalanan mereka di Eropa musim ini dengan tampil di Liga Champions. Namun, mereka hanya finis di posisi ketiga Grup E di bawah Bayern Munchen dan Benfica, sehingga tergusur ke Liga Europa.

Nantinya, pemenang duel Barcelona vs Napoli akan lolos ke babak 16 besar, untuk bertemu dengan para juara grup Liga Europa musim ini.

Terakhir kali mereka tampil di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa itu terjadi nyaris 20 tahun lalu, yakni pada 2003/2004, ketika kompetisi itu masih bernama Piala UEFA.

Finis di peringkat 6 Liga Spanyol musim sebelumnya, Barcelona tampil di Piala UEFA 2003/2004 dari putaran pertama.

Namun, perjalanan mereka berlangsung singkat dengan hanya mencapai babak keempat alias 16 besar, usai kalah agregat 0-1 dari Celtic.

Blaugrana kalah 0-1 di leg pertama di kandang lawan, dan hanya bisa main imbang 0-0 di Camp Nou pada leg kedua, yang menjadi laga terakhir mereka di Liga Europa.

Siapa saja starting line up Barcelona dalam laga terakhir mereka di Liga Europa dan seperti apa kabar mereka sekarang? Berikut ulasannya

Kiper – Victor Valdes

Victor Valdes terus menjadi kiper utama Barcelona hingga 10 musim berikutnya, sebelum mengalami cedera berat dan meninggalkan Blaugrana dengan total 535 penampilan dan sejumlah gelar termasuk 7 Liga Spanyol dan 5 Liga Champions.

Sempat membela MU, Standart Liege, dan Middlesbrough, Victor Valdes pensiun pada Januari 2018 dan sempat menjadi bagian tim pelatih Barcelona sebelum hengkang awal tahun lalu.

Bek – Michael Reiziger

Laga melawan Celtic menjadi penampilan terakhir Michael Reiziger bersama Barcelona di Eropa. Di akhir musim, bek Belanda ini hengkang ke Middlesbrough dan bertahan 2 musim sebelum pindah ke PSV dan pensiun pada 2007. Saat ini, Reiziger menjadi asisten pelatih di Ajax.

Bek – Oleguer

Oleguer bertahan di Barcelona hingga 4 musim setelah tampil di Liga Europa, lalu pindah Ajax. Ia bertahan bersama Ajax selama 3 tahun hingga akhirnya gantung sepatu. Ia sepenuhnya meninggalkan sepak bola dan kini lebih dikenal karena dukungannya terhadap kemerdekaan Catalan.

Bek – Carles Puyol

Carles Puyol diangkat menjadi kapten Barcelona pada akhir musim 2003/2004 dan mempertahankan jabatan itu hingga pensiun pada Mei 2014, dengan catatan 593 penampilan selama 15 musim.

Carles Puyol juga memenangkan sejumlah gelar termasuk 6 Liga Spanyol dan 3 Liga Champions. Pada 2019, ia menolak tawaran menjadi direktur olahraga Barcelona.

Bek – Phillip Cocu

Phillip Cocu meninggalkan Barcelona akhir musim itu dan hengkang ke PSV, sebelum pensiun bersama Al Jazira (UEA) pada 2008. Ia kemudian menjadi pelatih dan membawa PSV memenangkan 3 gelar Liga Belanda, meski kini menganggur usai meninggalkan Derby County pada November 2020.