Liga Inggris

3 Alasan Roses Derby Leeds United vs Manchester United Spesial Pekan Ini

Minggu, 20 Februari 2022 16:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Peter Powell/PA Images via Getty Images
Leeds United vs Manchester United merupakan salah satu derbi terpanas di Liga Inggris. Foto: Peter Powell/PA Images via Getty Images. Copyright: © Peter Powell/PA Images via Getty Images
Leeds United vs Manchester United merupakan salah satu derbi terpanas di Liga Inggris. Foto: Peter Powell/PA Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga Inggris berjuluk Roses Derby antara Leeds United vs Manchester United akan tersaji pada Minggu (20/02/22) malam WIB.

Meski Leeds United bukan tim yang ‘langganan’ bermain di Premier League, keberadaan mereka dalam buku sejarah Manchester United tidak dapat disisihkan begitu saja.

Pasalnya, dua tim ini merupakan rival klasik yang sudah bermusuhan sejak lama. Itulah kenapa duel nanti malam diprediksi bertensi tinggi meski bukan melibatkan dua lawan yang bersaing ketat di klasemen Liga Inggris.

Sampai tulisan ini dibuat, Leeds United selaku tuan rumah bercokol di peringkat 15 dengan raihan 23 poin. Sementara itu, Manchester United jauh lebih ungggul di empat besar dan kini mengantongi 43 poin.

Setan Merah pun tercatat belum terkalahkan di lima pertandingan terakhirnya. Tentu, ini bakal jadi misi sulit anak-anak asuh Marcelo Bielsa untuk menumbangkan musuh bebuyutan mereka.

Berikut sejumlah alasan Roses Derby antara Leeds United vs Manchester United di Liga Inggris pekan ini bakal jadi duel yang panas dan tentunya sayang dilewatkan.

Sarat Sejarah

Roses Derby di Liga Inggris sendiri merupakan duel sengit antara Leeds United dan Manchester United yang sudah eksis sejak zaman revolusi industri.

Pasalnya, baik Leeds United maupun Manchester United merupakan tim dari working class football. Persaingan di dunia perdagangan pun dibawa ke lapangan hijau, antara klub wilayah Yorkshire dan Lancashire.

Wilayah Yorkshire terkenal dengan industri wolnya, sedangkan Lancashire berkembang pesat selama revolusi industri, bersama dua kota terbesar yakni Manchester dan Liverpool, yang terkenal dengan produksi kapas.

Rivalitas ini kabarnya juga berakar dari masa lalu, ketika pada tahun 1455-1487 silam meletus sebuah perang saudara bernama The War of the Roses antara keluarga York dan Lancaster. 

Dalam pertempuran ini, keluarga York mengibarkan simbol kebesaran mereka yakni mawar putih, sedangkan keluarga Lancaster dengan simbol mawar merah. Inilah alasan mengapa perang ini dijuluki Perang Mawar.