Liga Inggris

Liga Inggris: Bantai Leeds United di Rose Derby, Manchester United Panen Rekor

Senin, 21 Februari 2022 21:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Reuters/Lee Smith
Manchester United mengoleksi sejumlah rekor kolektif dan individu usai menggilas Leeds United 4-2 di lanjutan Liga Inggris 2021/2022. (Reuters/Lee Smith) Copyright: © Reuters/Lee Smith
Manchester United mengoleksi sejumlah rekor kolektif dan individu usai menggilas Leeds United 4-2 di lanjutan Liga Inggris 2021/2022. (Reuters/Lee Smith)

INDOSPORT.COM - Kemenangan 4-2 yang diraih Manchester United atas Leeds United pada pekan ke-26 Liga Inggris lalu rupanya tidak hanya berbuah tiga poin saja untuk kubu The Red Devils. Sejumlah rekor yang membanggakan para fans mereka juga tercipta di laga yang digelar di Elland Road tersebut.

Pada Minggu (20/02/22) lalu Manchester United sukses mengukir kemenangan nomor 700 mereka di Liga Inggris era Premier League. Milestone ini sekaligus menjadi mereka tim dengan jumlah kemenangan terbanyak di kasta teratas Inggris sejak 1992 mengungguli Chelsea (611), Arsenal (610), Liverpool (598), dan Tottenham Hotspur (492).

Rekor tersebut terasa semakin manis karena bisa diraih di Elland Road, stadion milik Leeds United yang sudah lama tak mereka jadikan ajang pesta. Terakhir kali Manchester United bisa memerahkan markas sang rival adalah pada Oktober 2003 silam dengan skor tipis 0-1.

Sukses mengelontorkan empat gol ke jala gawang Leeds yang dikawal oleh Illan Meslier juga berujung pada sebuah capaian baru. Digabung dengan skor 5-1 di partai pembuka Liga Inggris 2021/2022, kini Manchester United total punya sembilan gol saat melawan The Whites selama satu musim.

Jumlah tersebut melampaui tujuh gol yang sebelumnya jadi rekor Setan Merah di Rose Derby. Hanya saja rekor tersebut sudah terlalu tua karena tercipta pada musim 1978/1979. 

Gol pembuka Manchester United yang dicetak oleh Harry Maguire di menit ke-34 juga punya makna tersendiri. Itu adalah lesakan perdana Manchester Merah via situasi sepak pojok pada musim ini di Liga Inggris. Mereka jadi klub terakhir yang menuntaskan misi ini setelah tepat 140 kali mencoba.

Keputusan manajer interim Ralf Rangnick untuk memasukkan Fred dan Anthony Elanga di babak kedua juga berbuah manis usai keduanya mencetak gol penentu kemenangan. Ini membuat Manchester United sebagai tim dengan gol dari subtitusi terbanyak (10) di Liga Inggris musim ini dan 50 persen lahir di era Rangnick.