Liga Indonesia

Jaga Mimpi Main di Liga Jepang, Yanto Basna Tolak Tawaran dari Eropa Timur

Selasa, 22 Februari 2022 18:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PT Prachuap FC
Yanto Basna saat masih berseragam PT Prachuap FC. Copyright: © PT Prachuap FC
Yanto Basna saat masih berseragam PT Prachuap FC.

INDOSPORT.COM - Eks palang pintu timnas Indonesia, Yanto Basna, masih memendam impian bermain di Liga Jepang. Meskipun harus diakui tawaran untuk bermain di sana Korea Selatan pernah datang kepada dirinya.

Yanto Basna menjadi satu pemain asal Indonesia yang memberanikan diri bermain di luar negeri, tepatnya pada 2018. Dia merantau ke Thailand dengan bergabung bersama Khon Khaen, tim kasta kedua Thai League.

Namun, siapa sangka sebelum memutuskan bermain di Thailand, ternyata Yanto Basna banyak menerima tawaran dari klub luar negeri. Beberapa klub asal Jepang dan Korea Selatan sempat ingin menggunakan jasanya.

"Saat ke Thailand pada 2018, saya termotivasi karena pemain seangkatan saya di Thailand sudah bermain di Jepang. Setelah itu, saya pikir harus ke Jepang," kata Yanto Basna dalam konten Twitter Spaces bersama PSSI Pers. 

"Tahun pertama di Thailand, ada agen dari Jepang memberikan tawaran kepada saya. Namun, saya baru beberapa bulan di Thailand," cetusnya.

"Jadi, saya ingin beradaptasi di Thailand dulu. Sebab pasti agak susah. Di Jepang pasti lebih susah juga. Minimal adaptasi sekitar 1-2 tahun di Thailand lebih dulu baru ke Jepang," jelas mantan bek Sriwijaya FC ini.