Bola Internasional

Timnas Suriname, Saudara Jauh Jawa yang Bertabur Bintang Eropa dan Ungguli Ranking Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 20:46 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Twwitter@OfficialSVB1920
Timnas Suriname, Saudara Jauh Jawa yang Bertabur Bintang Eropa dan Ungguli Ranking Indonesia Copyright: © Twwitter@OfficialSVB1920
Timnas Suriname, Saudara Jauh Jawa yang Bertabur Bintang Eropa dan Ungguli Ranking Indonesia

INDOSPORT.COM – Mengenal kembali kekuatan Timnas Suriname, sang saudara jauh masyarakat Jawa yang kini skuatnya berisikan banyak bintang Eropa dan ungguli ranking FIFA Timnas Indonesia.

Nama Suriname belakangan memang jadi pusat perhatian, lantaran negara yang masuk kawasan federasi CONCACAF itu dikabarkan bakal jadi lawan tanding Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday.

Kabar tersebut bahkan dikonfirmasi sendiri oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, yang menyebut pihak Suriname telah melakukan komunikasi untuk persiapan uji tanding dengan skuat Garuda.

“Mereka yang berkomunikasi dengan kami adalah Tajikistan, Uzbekistan, Bangladesh, dan Suriname,” kata Yunus Nusi.

Namun menariknya, pernyataan Yunus Nusi ini malah langsung dibantah oleh Biswajeet Kali selaku Direktur Teknik SVB.

Kali secara tersirat mengatakan bahwa pihaknya belum menerima undangan resmi dari PSSI untuk uji coba melawan Timnas Indonesia.

“Kami tidak menyadari hal ini (undangan laga uji coba Timnas Indonesia),” kata Kali dilansir dari Suriname Herald.

Jika berbicara soal Suriname, sejatinya negara dengan luas 163,821 km ini punya kaitan cukup erat dengan Indonesia terutama masyarakat Jawa.

Pasalnya, pada abad ke-19 silam banyak masyarakat Jawa yang hijrah ke Suriname lewat perintah kolonial Belanda.

Para imigran Jawa tersebut dipindahkan ke Suriname untuk dijadikan pekerja kontrak di perkebunan milik Belanda. Mereka menjadi budak pengganti sebelumnya yang dianggap bermasalah

Walau sudah cukup lama, namun sampai saat ini masih banyak etnis Jawa yang menduduki posisi penting di pemerintahan Suriname.

Pada 2015, salah seorang keturunan Banyumas bernama Raymond Sapoen sempat ikut mewarnai Pemilihan Presiden Suriname.

Sementara untuk cabang sepak bola, ada beberapa pemain berdarah Jawa yang sempat aktif di kompetisi Suriname seperti Maarten Atmodikoro dan Sigourney Bandjar.

Bahkan ada satu pemain berdarah Jawa yang sempat memperkuat Timnas Suriname, yakni Bruce Diporedjo yang sejauh ini sudah catatkan empat caps di Tim Nasional Suriname.

Timnas Suriname sendiri saat ini alami banyak perkembangan, peringkat mereka di ranking FIFA pun meningkat drastis dan mampu lewati Timnas Indonesia.