In-depth

The Entertainers, Tim Populer Newcastle United yang Pernah Gegerkan Liga Inggris

Kamis, 24 Februari 2022 21:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Mengenal The Entertainers, tim Newcastle United yang pernah gegerkan Liga Inggris bersama Kevin Keegan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Mengenal The Entertainers, tim Newcastle United yang pernah gegerkan Liga Inggris bersama Kevin Keegan.

INDOSPORT.COM - Jika Arsenal dan Preston North End punya The Invincibles, Newcastle United juga punya angkatan luar biasa bernama The Entertainers.

Liga Inggris memang kompetisi yang sangat populer di mata masyarakat sepak bola dunia, dengan daya tarik yang tidak pernah lekang dimakan waktu.

Semua tentu tidak lepas dari sejarah panjang sepak bola di tanah ini yang telah membentang sejak ratusan tahun lalu. Pernak-pernik dan ‘perintilan’ tentangnya pun juga sangat menarik untuk dibahas.

Salah satunya adalah kemunculan sejumlah angkatan pemain dengan istilah maupun sebutan yang tidak biasa.

Selain The Invincibles dan The Entertainers, ada pula geng Spice Boys milik Liverpool dan The Class of ‘92 ala Manchester United. Nah, mari kini membahas ‘gerombolan’ yang namanya disebut kedua di kalimat tadi.

Ya, mereka adalah The Entertainers milik Newcastle United yang dibseut Kevin Keegan. Angkatan ini sempat menggebrak Liga Inggris dengan prestasi luar biasa mereka.

Semua berawal dari ajakan Sir John Hall, bos Newcastle United era 1990-an, kepada Kevin Keegan untuk menangani tim sepak bolanya. Saat itu, kondisi klub pun bisa dibilang sedang memprihatinkan.

Mereka berada di ambang kebangkrutan secara finansial, belum lagi berhadapan dengan jurang degradasi liga kasta kedua.

Selain itu, Stadion St. James 'Park juga dibiarkan mangkrak begitu saja tidak terawat. Di tengah situasi mengerikan inilah, Kevin Keegan datang sebagai sosok penyelamat.

Newcastle United finis di peringkat 20 pada musim 1991-1992 alias dua lantai di atas zona degradasi liga kasta kedua. Pencapaian ini pun jadi rekor terburuk The Magpies sepanjang sejarah mereka pada waktu itu.

Beruntung ada Kevin Keegan. Dengan kemampuan ajaibnya, ia sukses mengangkat derajat martabat Newcastle United, bahkan sampai ke titik tertinggi yakni berkompetisi untuk gelar juara FA Premier League.