Liga Italia

Mantan Wasit Pertanyakan Gol Kontroversial Udinese ke Gawang AC Milan, VAR Ngapain Aja?

Sabtu, 26 Februari 2022 11:53 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Daniele Mascolo
Mantan wasit Liga Italia, Luca Marelli mempertanyakan VAR yang tidak berperan saat Udinese mencetak gol penyeimbang di gawang AC Milan. Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Mantan wasit Liga Italia, Luca Marelli mempertanyakan VAR yang tidak berperan saat Udinese mencetak gol penyeimbang di gawang AC Milan.

INDOSPORT.COM - Mantan wasit Liga Italia, Luca Marelli mempertanyakan VAR yang tidak berperan saat Udinese mencetak gol penyeimbang di gawang AC Milan.

Laga pekan ke-27 berakhir pahit bagi sang pemuncak klasemen Liga Italia 2021/22, AC Milan setelah cuma bisa imbang lawan tim medioker, Udinese, Sabtu (26/02/22).

Bermain di San Siro, AC Milan tampil menekan di awal-awal laga hingga akhirnya mampu membuka keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Rafael Leao pada menit 29'.

Namun setelah unggul 1-0, AC Milan malah tampak menurunkan intensitas penyerangan dan membuat Udinese bermain lebih terbuka. Petaka hadir bagi Rossoneri pada menit ke-66, Udinese menyamakan kedudukan lewat gol Udogie yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Mike Maignan.

Gol ini menimbulkan kontroversi dan para pemain mengajukan protes kepada wasit Matteo Marchetti karena telah berbau handball. Udogie disinyalir menyentuh bola dengan tangannya sebelum si kulit bundar merangsek ke jala.

Walaupun wasit Matteo Marchetti sempat berdiskusi lewat headphone, ia tak meninjau VAR dan tetap mengesahkan gol tersebut.

AC Milan melanjutkan pertandingan dengan bermuram durja, serangan demi serangan gagal dimanfaatkan jadi gol dan hasil imbang bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Melihat kondisi ini, mantan wasit Liga Italia, Luca Marelli, memberikan pendapatnya. Melalui siaran langsung, ia menyayangkan VAR tak digunakan padahal dalam tayangan ulang terlihat ada handball.

“Akan ada banyak diskusi. Kami telah melihatnya beberapa kali dan kami melihat ada gerakan Udogie yang sangat mencurigakan, menyentuh bola dengan tangan kirinya," kata Marelli dikutip dari Milan News.

"Perasaan yang jelas adalah dia membelokkan bola dengan tangan kirinya: dia mengeluarkannya, dan membelokan arah bola. Saya tidak bisa mengerti mengapa VAR tidak campur tangan." ungkap Marelli.