Liga Italia

Tak Cuma vs Udinese, Deretan Kontroversi Wasit yang Rugikan AC Milan Musim Ini

Sabtu, 26 Februari 2022 11:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Daniele Mascolo
Termasuk gol Udinese yang berbau handsball di laga Liga Italia dini hari tadi, berikut deretan kontroversi wasit yang rugikan AC Milan di sepanjang musim ini.  (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Termasuk gol Udinese yang berbau handsball di laga Liga Italia dini hari tadi, berikut deretan kontroversi wasit yang rugikan AC Milan di sepanjang musim ini. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Termasuk gol Udinese yang berbau handsball di laga Liga Italia dini hari tadi, berikut deretan kontroversi wasit yang rugikan AC Milan di sepanjang musim ini.

AC Milan kembali mendapatkan hasil kurang memuaskan di Liga Italia, Sabtu (26/02/22) dini hari WIB. Usai ditahan imbang juru kunci Salernitana 2-2 pekan lalu, Rossoneri lagi-lagi gagal menang saat berjumpa Udinese.

AC Milan berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-29 lewat Leao, memanfaatkan umpan lambung Sandro Tonali. Skor 1-0 itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, AC Milan masih terus mendominasi permainan. Namun, ketatnya pertahanan Udinese dan buruknya penyelesaian akhir menyulitkan upaya mereka mencari gol tambahan.

Petaka menimpa anak asuh Stefano Pioli pada menit ke-66, setelah Destiny Udogie menjebol gawang Mike Maignan, memanfaatkan tendangan salto Roberto Pereyra.

Gol ini diprotes keras pemain AC Milan. Pasalnya, bola tampak membentur tangan Udogie sebelum masuk ke gawang. Namun pada akhirnya gol tersebut tetap disahkan.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 1-1. Beruntung, Inter Milan juga hanya imbang 0-0 dengan Genoa sehingga AC Milan tak tergusur dari puncak klasemen Liga Italia.

Seusai laga, Stefano Pioli mengungkapkan kekecewaannya atas gol Udinese. “Tidak diragukan lagi, itu jelas handsball. Wasit tidak melihatnya, tapi fakta VAR juga gagal melihatnya sungguh sulit dimengerti,” katanya seperti dilansir Sempre Milan.

“Ini kesalahan serius yang menentukan hasil laga. VAR ada untuk menghindari kesalahan, tapi keputusan ini tidak bagus. Kami sudah dirugikan beberapa kali.”

Komentar serupa dilontarkan Paolo Maldini. “VAR seharusnya bisa menghilangkan keraguan, tapi penggunaan seperti ini menyakitkan bagi kami karena ini bukan pertama kalinya.”

AC Milan memang beberapa kali menjadi korban keputusan kontroversial dari wasit dan VAR yang merugikan mereka, baik di Liga Italia maupun Liga Champions. Apa saja keputusan-keputusan tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda: