Liga Inggris

'Kualat' Ganti Edouard Mendy saat Adu Penalti, Begini Pembelaan Thomas Tuchel

Senin, 28 Februari 2022 09:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Anton Vaganov
Thomas Tuchel menjelaskan alasannya mengganti Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga yang justru membuat Chelsea gagal meraih gelar Carabao Cup 2022. Copyright: © REUTERS/Anton Vaganov
Thomas Tuchel menjelaskan alasannya mengganti Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga yang justru membuat Chelsea gagal meraih gelar Carabao Cup 2022.

INDOSPORT.COM – Thomas Tuchel menjelaskan alasannya mengganti Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga yang justru membuat Chelsea gagal meraih gelar domestik di ajang Carabao Cup 2022 melawan Liverpool.

Duel Chelsea vs Liverpool pada final Carabao Cup di Wembley Stadium , Minggu (27/02/22) malam WIB berlangsung sengit. Empat gol dianulir  selama 120 menit, tiga untuk Chelsea dan satu untuk Liverpool.

Kedua tim sama-sama gagal memanfaatkan peluang membuat skor kacamata atau 0-0 bertahan sampai babak tambahan. Wasit pun melanjutkan laga tersebut ke babak tos-tosan.

Sesaat sebelum memasuki babak adu penalti, pelatih Chelsea, Thomas Tuchel memutuskan menarik sang kiper andalan Edouard Mendy dan menggantikannya dengan Kepa Arrizabalaga.

Sayangnya, keputusan Thomas Tuchel itu berujung bencana. Kepa  Arrizabalaga justru jadi penentu kekalahan The Blues sekaligus memupuskan harapan timnya memenangkan trofi Carabao Cup.

Kepa memang beberapa kali tepat menebak arah tendangan pemain-pemain Liverpool, namun gagal menghentikannya. Ketika dirinya ditunjuk sebagai algojo terakhir, tendangannya malah melambung ke atas mistar gawang.

Tuchel pun tak dikritik habis-habisan atas keputusannya menarik Mendy dan menurunkan Arrizabalaga di adu penalti. Namun, pelatih asal Jerman tersebut mengklaim bahwa Arrizabalaga layak dimainkan karena dia kerap berlatih adu penalti.

“Bukannya saya tidak percaya dengan Edou (Edouard Mendy),” ujar Tuchel dilansir dari Talksport.

“Kepa (Arrizabalaga) banyak berlatih dengan para pemain dalam adu penalti sepanjang musim setiap hari. Dia sangat, sangat kuat dalam hal itu karena dia memiliki lebih banyak waktu berlatih daripada Edou,” jelas Tuchel.

“Ini bagian dari motivasi ketika dia masuk karena semua orang tahu betapa bagusnya dia, jadi kami mencoba memainkannya dengan pergantian pemain.”