In-depth

Profil dan Fakta Jesse Marsch, Eks Murid Rangnick yang Dilirik Gantikan Bielsa

Senin, 28 Februari 2022 17:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Red Bull Media House
Jesse Marsch dulu pernah jadi murid pelatih interim Manchester United saat ini, Ralf Rangnick. Foto: Reuters/Red Bull Media House. Copyright: © Reuters/Red Bull Media House
Jesse Marsch dulu pernah jadi murid pelatih interim Manchester United saat ini, Ralf Rangnick. Foto: Reuters/Red Bull Media House.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Leeds United, dikaitkan dengan mantan 'murid' Ralf Rangnick, Jesse Marsch, usai mengakhiri kerja sama dengan Marcelo Bielsa.

Untuk diketahui, Leeds United telah mengumumkan berpisah jalan dengan Marcelo Bielsa menyusul rentetan hasil buruk The Whites beberapa waktu terakhir.

“Leeds United hari ini mengonfirmasi telah berpisah dengan pelatih kepala, Marcelo Bielsa,” demikian bunyi pernyataan resmi dari pihak klub.

“Pelatih berusia 66 tahun ini bertanggung jawab atas tim selama lebih dari tiga setengah tahun, setelah mengambil alih kendali pada Juni 2018.”

Sejak mendarat di Leeds United, Marcelo Bielsa telah mengubah banyak hal, bahkan sejak musim pertamanya. Ia kemudian sukses membawa The Whites kembali ke Premier League untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

Hanya saja, magis pelatih yang satu ini sudah habis di Leeds United. Dulu membawa kejayaan, kini ia justru membawa petaka bagi tim asuhannya.

Leeds United jadi tim dengan pertahanan terburuk di Premier League Liga Inggris musim ini. Mereka sudah kebobolan 60 gol dari 26 pertandingan, malah lebih parah dari sang posisi buncit, Norwich City (55).

Dari lima pertandingan terakhir saja, Leeds United tercatat telah kebobolan 20 kali, dimulai dari Aston Villa (3), Everton (3), Manchester United (4), Liverpool (6) dan yang teranyar Tottenham Hotspur (4).

Sampai tulisan ini dibuat, Leeds United bertengger di peringkat 16 klasemen sementara dengan 23 poin. Perubahan pun sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan The Whites dari zona degradasi yang kini di depan mata.

Nama Jesse Marsch pun mencuat sebagai kandidat terkuat pengganti Marcelo Bielsa. Pelatih muda berusia 48 tahun ini diketahui sedang menganggur setelah berpisah jalan dengan RB Leipzig pada Desember 2021.