Bola Internasional

Karena Alasan Mulia Ini, Bintang Turki Tolak Kenakan Kaos Solidaritas Ukraina

Selasa, 1 Maret 2022 17:48 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain BB Erzurumspor, Aykut Demir, tidak mengenakan kaos solidaritas Ukraina saat bermain Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain BB Erzurumspor, Aykut Demir, tidak mengenakan kaos solidaritas Ukraina saat bermain

INDOSPORT.COM - Pesepakbola Turki Aykut Demir, menyebabkan kegemparan setelah menolak memakai kaos solidaritas terhadap Ukraina. 

Demir, yang menjadi kapten Erzurumspor di kasta kedua sepak bola Turki, adalah satu-satunya pemain yang tidak mengenakan kaus 'No War' di laga melawan Ankaragucu pada Minggu (27/02/22). 

Dengan ban kapten terpasang, pemain berusia 33 tahun itu hanya mengenakan seragam kandangnya saat kedua tim berbaris sebelum pertandingan.

Hal ini jelas memicu respons netizen di media sosial. Warganet mengkritik Demir yang terkesan tidak peduli dengan gejala sosial. 

Kendati demikian, Demir, yang lahir di Belanda, namun bermain untuk timnas Turki menjelaskan alasannya tidak mengenakan kaos solidaritas Ukraina

Sang pemain mengatakan bahwa banyak orang menderita setiap hari di Timur Tengah dan ia tak ingin menunjukkan standar ganda. 

"Ribuan orang meninggal setiap harinya di Timur Tengah. Saya ingin berbela rasa dengan orang-orang yang tak bersalah itu," ujar Aykut Demir, kepada Football Anatolia.

"Mereka yang mengabaikan penganiayaan di sana, melakukan hal-hal seperti ini (menunjukkan dukungan) ketika terjadi di Eropa. Saya tidak ingin memakai kaos itu karena kaos dukungan tidak ditujukan kepada negara-negara itu (Timur Tengah)," sambungnya.