Bola Internasional

Rusia Kena Hukum FIFA, Eks Klub Ralf Rangnick Ketiban Durian Runtuh

Selasa, 1 Maret 2022 17:02 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
© Liga Europa
Logo Liga Europa. Copyright: © Liga Europa
Logo Liga Europa.

INDOSPORT.COM - Mantan tim asuhan Ralf Rangnick, RB Leipzig bak ketiban durian runtuh setelah Rusia terkena hukuman dari FIFA.

Dampak dari invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, UEFA telah menangguhkan tanpa batas tim nasional Rusia dan tim klub dari kompetisinya.

Keputusan tersebut berdampak pada satu-satunya tim Rusia yang masih terlibat dalam kompetisi klub UEFA musim ini. Spartak Moscow diundi pada 25 Februari untuk menghadapi tim Jerman RB Leipzig di Babak 16 Besar Liga Europa.

Akan tetapi mereka tidak akan turun lapangan kecuali situasinya berubah secara dramatis sebelum leg pertama yang dijadwalkan pada 10 Maret.

Kepala Sepak Bola Red Bull, Oliver Mintzlaff, mengantisipasi langkah UEFA dan dikutip oleh akun twitter resmi RB Leipzig yang menyatakan bahwa ia mengharapkan seri Liga Eropa dibatalkan. 

Itu secara resmi terjadi ketika UEFA mengumumkan keputusan bersamanya dengan FIFA untuk melarang klub Rusia dan Rusia dalam pernyataan mereka pada 28 Februari.

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," demikian bunti peryataan tersebut dilansir dari Sportingnews.

UEFA juga kemudian mengkonfirmasi bahwa keputusannya membuat Spartak Moscow tersingkir dari Liga Europa dengan RB Leipzig bak ketiban durian runtuh dengan otomatis maju ke perempat final.

Sementara itu tidak ada klub Rusia lainnya yang berhasil mencapai Babak 16 besar dari dua kompetisi UEFA lainnya yaitu Liga Champions dan Liga Konferensi.

Juga tidak ada klub Rusia yang saat ini bersaing di Liga Champions wanita UEFA atau di babak 16 besar UEFA Youth League.