Liga Indonesia

Jadwal Babak 16 Besar Liga 3 2021: Rebutan 8 Tiket Lolos Liga 2 Dimulai!

Jumat, 4 Maret 2022 18:11 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Liga 3. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Liga 3.

INDOSPORT.COM – Berikut pembagian grup dan jadwal pekan pertama pertandingan babak 16 besar Liga 3 2021, yang akan dimulai akhir pekan ini.

Sebanyak 16 tim telah memastikan langkah dan lolos dari babak 32 besar Liga 3 2021 yang telah selesai dilangsungkan pada Februari kemarin.

Nantinya seluruh tim yang lolos babak 16 besar akan saling sikut memperebutkan delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan.

Para kontestan babak 16 besar Liga 3 2021 dibagi rata ke dalam empat grup. Nantinya semua pertandingan akan berlangsung di Jawa Timur.

Ada pun dua venue pertandingan babak 16 besar Liga 3 tahun ini akan berlangsung di Stadion Joko Samudro Gresik dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Pertandingan babak 16 besar menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Setiap kesebelasan dalam satu grup akan saling bertemu.

Tim yang menempati posisi pertama pada klasemen akhir tiap grup berhak lolos ke semifinal dan berhak atas empat tempat promosi langsung ke Liga 2 musim depan.

Empat tiket promosi terakhir diberikan kepada runner-up masing-masing grup, mereka juga memastikan tiket promosi ke Liga 2 tahun depan.

Ada fakta menarik setelah babak 32 besar Liga 3 beres. Terdapat beberapa tim tradisional Tanah Air yang lolos ke babak 16 besar mendatang.

Setidaknya ada enam tim lawas yang lolos babak 16 besar Liga 3 2022, sebut saja Persikab Kab. Bandung dan Persikota Tangerang yang selama ini berada dibayang-bayang rival sekotanya.

Persikab Kab. Bandung dengan dominasi Persib Bandung di Tanah Pasundan serta Persikota Tangerang yang kalah mentereng dari rival sekotanya Persita Tangerang.

Empat tim lain di antaranya tim asal Jawa Barat PSGC Ciamis yang selama ini kebanyakan mentas di kasta kedua Liga Indonesia akhirnya berpeluang kembali ke Liga 2 setelah terdegradasi edisi 2019.

Selanjutnya, ada tim kawakan asal Jawa Timur, Gresik United yang sangat berambisi kembali lolos ke kasta kedua, dua tim tradisional lain yaitu PSDS Deli Serdang dan Persedikab Kab. Kediri.