Liga Italia

Stefano Pioli Dilirik Raksasa Spanyol, Bek Legendaris AC Milan Lempar Kode Siap Jadi Pengganti

Jumat, 4 Maret 2022 07:07 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Alberto Lingria
Mantan bek AC Milan, Jaap Stam, lempar kode ingin melatih di Liga Italia seiring kabar Stefano Pioli yang mulai dilirik oleh raksasa Liga Spanyol. (REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Mantan bek AC Milan, Jaap Stam, lempar kode ingin melatih di Liga Italia seiring kabar Stefano Pioli yang mulai dilirik oleh raksasa Liga Spanyol. (REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Mantan bek legendaris Liga Italia yang pernah berbaju AC Milan, Jaap Stam, mengungkapkan ambisinya untuk melatih di negeri pasta. Ia sejak dulu selalu suka dengan kompetisi Serie A dan ingin suatu saat bisa kembali ke sana dengan status sebagai manajer.

Kendati Stam baru datang ke Liga Italia saat usianya sudah memasuki kepala tiga pada 2001 lalu usai pindah dari Manchester United ke Lazio, bisa dibilang justru masa keemasannya terlihat saat itu juga.

Sempat disangka habis, Staam malah bisa memainkan lima musim di Serie A yang berbuah masing-masing satu trofi bersama Lazio dan AC Milan. Tidak heran jika memorinya soal kompetisi tersebut masih membekas hingga kini ia berganti profesi menjadi juru taktik.

Stam saat ini sedang menganggur usai tak lagi melatih sejak September 2021. Sebelum ini ia menukangi FC Cincinnati di Major League Soccer usai pernah juga bekerja untuk Feyenoord Rotterdam, PEC Zwolle, Reading FC, dan akademi Ajax Amsterdam.

Keinginan Stam untuk melatih di Liga Italia tak akan dipengaruhi oleh uang semata. Ia tidak keberatan mengasuh tim kecil jika mereka punya ambisi dan proyek yang jelas.

"Aku akan sangat gembira jika nanti punya kesempatan bekerja di Italia sebagai pelatih. Aku belum lupa soal negara tersebut. Aku cinta Italia baik budaya maupun orangnya. Tidak lupa juga sepak bola di sana," beber Stam.

"Tawaran dari siapa pun akan aku pertimbangkan. Hanya saja aku senang dengan klub yang punya kejelasan. Klub mana pun akan terdengar menarik apabila mereka punya proyek bagus," tambahnya lagi.