Liga Indonesia

Hasil Sidang Komdis PSSI: Persipura Dinyatakan Kalah WO dan Pengurangan Poin, PT LIB Ikut Disalahkan

Rabu, 9 Maret 2022 14:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
Komite disiplin PSSI telah melakukan sidang dan merilis keputusan terkait gagalnya pertandingan Persipura Jayapura vs Madura United FC di Liga 1. Copyright: © pssi.org
Komite disiplin PSSI telah melakukan sidang dan merilis keputusan terkait gagalnya pertandingan Persipura Jayapura vs Madura United FC di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Komite disiplin PSSI telah melakukan sidang dan merilis keputusan terkait gagalnya pertandingan Persipura Jayapura vs Madura United FC pada 21 Februari 2022 lalu. Ada tiga pihak yang terkena sanksi dan hukuman.

Pada kejadian bulan lalu, Persipura memilih tidak datang ke stadion untuk bertanding dengan alasan para pemain terpapar covid-19 dan ada yang cedera. Tim Mutiara Hitam  akhirnya dinyatakan kalah 0-3 dan pengurangan tiga dan denda Rp250 juta.

Selanjutnya, manajer Persipura, Arvydas Ridwan Madubun dihukum larangan beraktivitas selama 12 bulan di sepak bola dan denda Rp50 juta.

Jenis pelanggarannya adalah tidak hadir di tempat pertandingan, menolak bertanding serta berperan aktif menganjurkan atau menyuruh tim untuk tidak hadir dalam pertandingan tersebut. 

Menariknya, Komdis PSSI juga menghukum operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru. LIB didenda Rp250 juta karena dianggap tidak menjalankan regulasi BRI Liga 1 tahun 2021/2022 di mana Persipura Jayapura vs Madura United FC gagal dilaksanakan.