Liga Indonesia

Prediksi Liga 1, Persipura Jayapura vs PSM Makassar: Duel Saudara dari Timur

Rabu, 9 Maret 2022 18:29 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Persipura Jayapura vs PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Persipura Jayapura vs PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1.

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/22 antara Persipura Jayapura vs PSM Makassar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Kamis (10/03/22) mulai pukul 15.15 WIB.

Sebagaimana diketahui, duel dua klub legendaris Indonesia ini disebut Derby Indonesia Timur. Tentunya ada pertaruhan harga diri dan gengsi untuk membuktikan siapa klub terbaik di teritori Timur Nusantara.

Terlebih lagi, Mutiara Hitam dan Pasukan Ramang selalu eksis di papan atas sejak edisi pertama Liga Indonesia pada musim 1994/95. Bahkan, saling menjaga pamor sepakbola Indonesia Timur jika salah satunya sedang limbung.

Buktinya, Persipura Jayapura menjadi harapan bal-balan klub di Timur Nusantara dengan konsisten meraih juara dan runner-up pada era Indonesia Super League (ISL) dari musim 2009/10 hingga 2014.

Sementara PSM Makassar yang terseok pada periode tersebut, melanjutkan tongkat estafet dengan konsisten berada di papan atas sejak Liga 1 2017 dan 2018 hingga sukses menjuarai Piala Indonesia 2019.

Namun, Derby Indonesia Timur musim ini punya cerita berbeda dan berstatus ‘Force Majeure’ sebab kedua kubu harus saling sikut demi menyelematkan diri dari jeratan zona degradasi dan bertahan untuk musim selanjutnya.

Ya, Mutiara Hitam dan Pasukan Ramang kompak bermukim di papan bawah. Utusan Papua menduduki posisi 16 sedangkan wakil Sulawesi bertengger di urutan 11 dan masih masih belum aman dari zona degradasi.

Oleh karena itu, Derby Indonesia Timur di pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/22 sangat krusial dan menjadi penentu nasib baik bagi Persipura Jayapura maupun PSM Makassar untuk tetap eksis di kasta teratas musim depan