Bola Internasional

Standar Ganda soal Rusia, FIFA Dikecam karena Tidak Hukum Israel

Kamis, 10 Maret 2022 17:29 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Induk sepak bola dunia, FIFA. Copyright: © Getty Images
Induk sepak bola dunia, FIFA.

INDOSPORT.COM - Slogan "olahraga tidak ada hubungannya dengan politik", telah diadaptasi jadi sebuah aturan dan selalu diterapkan dalam ajang olahraga internasional. FIFA yang merupakan induk organisasi sepak bola dunia telah menerapkan sanksi, jika ditemukan unsur politis dalam kepengurusan sepak bola suatu negara.

Indonesia pernah jadi contoh dalam kasus ini ketika PSSI disanksi oleh FIFA karena dinilai ada intervensi dari Pemerintah. Sanksi itu membuat Indonesia tidak boleh mengikuti ajang apapun yang berada di naungan FIFA dan AFC.

Paling dekat adalah sanksi dari FIFA dan UEFA yang memboikot seluruh keikutsertaan Rusia dalam sepak bola Internasional. Mencoret klub dan timnas Rusia dari seluruh ajang naungan FIFA dan UEFA merupakan hukuman bagi Negara Beruang Merah kerena invasinya terhadap Ukraina belum lama ini.  

Sejak pecahnya krisis Ukraina-Rusia pada 24 Februari, masyarakat internasional telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia, yang juga mempengaruhi dunia olahraga mereka.

Namun slogan dan peraturan itu dinilai buta jika menengok apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina selama bertahun-tahun. Tak heran jika memunculkan opini publik yang menilai FIFA dan UEFA meiliki standar ganda dalam menerapkan aturannya.

FIFA dan UEFA seakan tutup mata mengenai peristiwa itu karena tak ada sanksi apapun terhadap Israel selama ini. Ironisnya lagi beberapa waktu lalu ketika fans Celtic mengibarkan bendera Palestina UEFA bergegas mengeluarkan sanksi untuk klub dengan alasan “anti-politik” dalam dunia sepak bola.

Konflik Rusia-Ukraina ini seakan makin membuktikan bahwa standar ganda itu memang ada ditubuh beberapa induk organisasi keolahragaan dunia, termasuk FIFA dan UEFA.

FIFA dan UEFA selama ini banyak menciptakan slogan dan pesan kepada penimat sepak bola. Hal itulah yang menyebabkan banyak pro dan kontra dari masyarakat.