Liga Indonesia

Faktor Wasit Liga 3 Teledor: Gara-gara Pandemi dan Terancam Sanksi PSSI

Jumat, 11 Maret 2022 13:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Vidio.com
Salah satu pemain Persida Sidoarjo mengejar wasit usai pertandingan Liga 3 kontra Karo United FC, Kamis (17/1/22). Copyright: © Vidio.com
Salah satu pemain Persida Sidoarjo mengejar wasit usai pertandingan Liga 3 kontra Karo United FC, Kamis (17/1/22).

INDOSPORT.COM - Banyaknya wasit Liga 3 yang mengeluarkan keputusan kontroversi, akhirnya membuat PSSI ikut turun tangan. Begini ungkapan kecewa salah satu wasit.

Pesepakbola senior Liga Indonesia, Hamka Hamzah mengundang salah satu wasit Liga 3 untuk membuat klarifikasi di Youtube-nya, wasit yang sempat dikeroyok oleh pemain.

Wasit yang disapa Bang Ajo itu tidak secara rinci menyebutkan laga yang ia pimpin, tapi insiden pengeroyokan itu viral di media, dan ia sendiri harus dirujuk ke rumah sakit.

Wasit Ajo tak menampik jika wasit juga tidak luput dari kesalahan. Salah satu faktor yang membuat mereka teledor dan muncul kontroversi, yakni karena pandemi Covid-19.

"Mungkin karena terhantam Covid selama dua tahun ini, tiba-tiba liga mulai. Kesiapan pemain atau wasit, kayak kaget, mendapat tugas untuk memimpin," bongkar wasit Ajo.

"Apalagi kalau orang tersebut habis kena Covid-19, jadi ambil keputusan selalu salah. Performa itu kalau kitanya tidak fit, akan berubah terus, fokusnya juga jadi kurang."

Sama seperti pemain yang melakukan pelanggaran dan mendapat sanksi Komisi Disiplin PSSI, wasit juga mendapat sanksi serius, walau tidak boleh dipublikasikan.

"Wasit setelah memimpin itu ada koreksi, kalau kita salah, kita disanksi, kita tidak bisa memimpin selama satu bulan bahkan satu musim, sanksinya lebih berat," ungkapnya.