Liga Indonesia

Skuat Timnas Indonesia U-16 Jalani Psikotes, Bima Sakti Ungkap Tujuan Utamanya

Sabtu, 12 Maret 2022 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 di Lapangan D Senayan, Jakarta, Senin (07/06/21). Copyright: © PSSI
Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 di Lapangan D Senayan, Jakarta, Senin (07/06/21).

INDOSPORT.COM - Pemain timnas Indonesia U-16 menjalani psikotes di sela-sela pemusatan latihan. Kegiatan tersebut dilakukan pada Jumat (11/3/22) di Hotel Mercure Batavia, Jakarta. 

Pengisi materi dalam kegiatan tersebut adalah Laksmiari Saraswati yang juga pernah menjadi psikolog bagi timnas Indonesia U-16 periode Fakhri Husaini. 

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan pemain butuh suntikan motivasi supaya mental ataupun kepercayaan diri meningkat. Kegiatan tersebut juga berguna bagi tim pelatih agar bisa mempelajari karakter pemain. 

"Sebagai pelatih mungkin saya bisa memotivasi pemain. Akan tetapi, untuk membangun dan menjaga mental mereka, saya butuh bantuan dari psikolog yang mengisi kegiatan ini," kata Bima Sakti dalam keterangan pers.

"Test ini juga untuk melihat karakter para pemain. Sebab sepak bola tak hanya bicara soal kemampuan fisik pemain, tapi intelejensia mereka pun harus kami ketahui," imbuhnya. 

“Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi tahu sejauh mana tingkat kecerdasan pemain dalam menyerap latihan taktik (secara cepat) yang kami berikan," cetusnya. 

"Saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test ini," lanjut eks asisten Luis Milla itu.