Bola Internasional

Kocak! Lupa Posisi, Hakim Garis 'Ikut Main Bola' di Liga Ghana

Rabu, 16 Maret 2022 21:18 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Isman Fadil
© Twitter@kwamebenaiah
Hakim garis masuk lapangan. Foto: Twitter@kwamebenaiah Copyright: © Twitter@kwamebenaiah
Hakim garis masuk lapangan. Foto: Twitter@kwamebenaiah

INDOSPORT.COM - Momen lucu seorang hakim garis terjadi di Liga Ghana pada Senin (14/03/22) kemarin. Kejadian itu terjadi saat laga Asante Kotoko bertemu Bibiani Gold Stars.

Pada menit ke-35’ seorang hakim garis terlihat ikut berlari didalam lapangan, saat gol kedua Asante Kokoto tercipta melalui serangan cantik beberapa pemain.

Hakim Garis itu bernama Theophilius Akugre seakan tak sadar jika berlari terlalu jauh dari luar garis lapangan, sehingga terlihat seperti pemain yang ikut membangun serangan.

Banyak netizen yang menggap lucu dan kesalahan biasa namun sebagian lagi berpendapat bahwa ini merupakan masalah serius yang harus ditanggapi pihak terkait.

Pada pertandingan itu sendiri Asante Kotoko berhasil memenangi laga dengan skor akhir 5-0 atas Bibiani Gold Stars di kandang mereka sendiri Baba Yara Stadium.

George Mfgue mencetak brace, ditambah 3 gol lainnya yang masing-masing tercipta melalui Augustine Agyapong, Franck Etouga dan Samuel Boating.

Satu gol dari Franck Etouga membuatnya jadi top skor sementara dengan 14 gol di Liga. Namun hal itu terendam oleh aksi kocak dari sang hakim garis.

Aturan FIFA juga belum jelas mengenai hakim garis yang masuk ke dalam lapanagan ketika bola hidup. Karena aturan hanya menyebutkan jika hakim garis diizinkan masuk untuk membantu wasit utama mengontrol situasi tertentu.

Membantu wasit untuk memastikan jarak pagar hidup dan membantu wasit untuk mengontrol situasi darurat adalah contoh lazim hakim garis masuk kedalam lapangan.

Ternyata tingkah lucu dan kontroversi pengadil pertandingangan terjadi di banyak negara dari Eropa, Afrika dan Asia termasuk di Indonesia.