Liga Indonesia

Hamka Hamzah Si Manusia 5 Pulau: Bongkar Alasan Pindah Klub dan Peran Persija

Kamis, 17 Maret 2022 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© aremafcofficial
Duel udara Hamka Hamzah dengan pemain Persija Jakarta. Copyright: © aremafcofficial
Duel udara Hamka Hamzah dengan pemain Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Blak-blakan pesepak bola senior, Hamka Hamzah, terkait alasan mengapa ia selalu berpindah klub di bursa transfer, dan hubungannya dengan Persija.

Sebagaimana diketahui, Hamka Hamzah kerap dijuluki sebagai Manusia 5 Pulau. Pasalnya, ia pernah menjadi pemain di setiap klub dari pulau besar di Indonesia.

Sebagai pesepak bola kelahiran Sulawesi Selatan, tentu belum afdhol jika Hamka Hamzah tak membela PSM Makassar. Kala itu, ia bertahan di klub hingga 2002.

Hamka Hamzah memulai petualangannya di Pulau Jawa, pertama kali di klub Persebaya Surabaya, lalu hijrah ke Persija Jakarta, dan kemudian Persik Kediri hingga 2009.

Selanjutnya, Hamka ke Pulau Kalimantan dan membela Persisam Putra Samarinda. Di lain kesempatan, ia juga sempat berkostum Mitra Kukar dan Pusamania Borneo FC.

Pemain yang piawai sebagai bek tengah itu juga sempat membela Persipura Jayapura, yang kini menjadi satu-satunya kontestan kompetisi Liga 1 2021-2022 asal Pulau Papua.

Hamka Hamzah juga pernah berlabuh ke luar negeri. Ia sempat bermain di Malaysia, dan membela PKNS pada musim 2013-2014.

Beranjak ke sisi Barat Indonesia, Hamka Hamzah pernah membela Sriwijaya FC, klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan.

Kemudian, berturut-turut Hamka Hamzah bermain di Arema FC, Persita Tangerang, dan mencoba peruntungan bermain di Liga 2.

Hamka Hamzah berhasil membawa Rans Cilegon FC promosi ke Liga 2 2022, walau nasibnya ditangguhkan karena saat ini ia masih dalam pemulihan dari cedera ACL.