Liga Inggris

Liga Inggris: Undang Peminat Baru, Chelsea Diincar Investor Korea yang Pernah Dekati Pratama Arhan

Sabtu, 19 Maret 2022 18:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Suhaib Salem
Chelsea yang saat ini sedang butuh pemilik baru agar lepas dari sanksi Liga Inggris dikabarkan hendak diakusisi oleh gabuangan dua perusahaan Korea Selatan. FOTO: REUTERS/Suhaib Salem Copyright: © REUTERS/Suhaib Salem
Chelsea yang saat ini sedang butuh pemilik baru agar lepas dari sanksi Liga Inggris dikabarkan hendak diakusisi oleh gabuangan dua perusahaan Korea Selatan. FOTO: REUTERS/Suhaib Salem

INDOSPORT.COM - Rumor soal siapa yang akan jadi pemilik baru raksasa Liga Inggris, Chelsea, masih terus bergulir sampai saat ini. Yang terbaru, perusahaan asal Korea Selatan yang pernah mengincar Pratama Arhan mulai mengajukan diri. 

Sejumlah individu tajir hingga perusahaan besar dari berbagai belahan dunia ramai-ramai diberitakan siap mengakusisi Chelsea dari tangan Roman Abramovich termasuk Korea Selatan.

Dilaporkan oleh media asal Hong Kong, RHTK, sebuah perusahaan bernama Hana Financial Investment dan C&P Sports siap menggabungkan kekuatan untuk mewujudkan proyek besar membeli Chelsea.

Hana Financial Investment memang sebuah perusahaan kaya dari Korsel yang bergerak di perbankan. Sepak bola bukan hal baru bagi mereka.

Mereka terlibat dalam pembangunan sepak bola Negeri Gingseng dengan menjadi sponsor liga dan juga tim nasional mereka.

Selain itu, Hana juga memiliki kesebelasan profesional mereka sendiri sejak 2019 usai memiliki saham mayoritas Daejeon Hana Citizen FC (DHFC) yang kini berkompetisi di kasta kedua Korsel.

DHFC pun menjelma menjadi salah satu klub paling berada di K-League 2 dan musim 2021 lalu sukses menembus play-off promosi kendati gagal naik kasta.

Belum lama ini nama DHFC sempat bergaung nyaring di Indonesia karena digosipkan ingin merektut Pratama Arhan sebelum sang pemain kini resmi berbaju Tokyo Verdy di Jepang.

Sementara itu C&P Sports adalah perusahaan konsultan olahraga yang berbasis di London dan Seoul. Mereka banyak bergerak untuk membantu klub-klub Eropa mendapat sponsor dari Korsel.

Kerja sama Kumho Tire dan Tottenham Hotspurs, Nexen Tire dan Manchester City, juga Hyundai Motors dan Atletico Madrid adalah contoh proyek sukses C&P Sports.