In-depth

Apa Kabar Aples Tecuari? Eks Timnas yang jadi Supir Angkot, Kini Mau ke Spanyol

Selasa, 22 Maret 2022 08:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih Tim Sepak bola Putri Papua Barat, Aples Gideon Tecuari. (Adriyan Adirizky/INDOSPORT) Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih Tim Sepak bola Putri Papua Barat, Aples Gideon Tecuari. (Adriyan Adirizky/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Apa kabar Aples Gideon Tecuari? Eks pemain Timnas Indonesia yang sempat jadi supir angkot namun merugi, dan kini ia tengah bersiap ke Spanyol.

Aples Gideon Tecuari merupakan salah satu pesepak bola asal Papua yang bersinar di era 90-an hingga 2000-an. Ia ikut terpilih untuk mengikuti program Primavera di Italia.

Kemudian, Aples Tecuari membela sejumlah klub besar, mulai dari Pelita Jaya, kemudian PSPS Pekanbaru, hingga Persija Jakarta.

Sayangnya, kala itu Aples Tecuari sempat mengalami cedera, sehingga impiannya untuk membela Persipura Jayapura secara profesional pun pupus, di tahun 2005 silam.

Setelah itu, bagaimana nasib Aples Tecuari? Hal ini kemudian menjadi sorotan pesepak bola senior, Hamka Hamzah. Ia mencoba mendatangi kediaman Aples di Bandung.

Dalam perbincangan di YouTube Capt Hamka, terkuak bahwa Aples Tecuari kini berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

"Sebenarnya waktu saya pensiun tahun 2004, saya sudah ditawari jadi PNS Papua Barat, cuma waktu itu saya tolak, karena saya nggak mau disuruh-suruh," ucapnya.

"Tahun 2009 saya ditawari lagi, tapi karena waktu itu saya sudah enakan di angkot, saya punya angkot tiga di Manokwari."

"Sekarang saya nggak lanjut lagi, karena usaha angkot itu ada resikonya, dalam praktiknya, lebih banyak pengeluaran."

"Kebetulan saya pun diangkat jadi PNS, ya sudah saya jadi PNS saja, di samping saya melanjutkan karir sebagai pelatih," ungkap Aples saat hadir di YouTube Capt Hamka.