Liga Indonesia

Pelatih Brasil Pegang Komando, Klub Anyar Liga 3 Asal Bogor Bangun Kultur Modern

Kamis, 24 Maret 2022 05:45 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo klub Liga 3, Pakuan City FC. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo klub Liga 3, Pakuan City FC.

INDOSPORT.COM - Klub anyar Liga 3 asal Bogor, Pakuan City FC, tengah merancang sebuah gebrakan untuk sepak bola Indonesia. Mereka hendak membangun kultur modern ala Eropa dengan bantuan seorang pelatih berpaspor Brasil, Jaino Matos. 

Kultur modern yang dimaksud berkaitan erat dengan penanaman kedisiplinan, sikap penuh tanggung jawab, plus kepribadian kuat sejak dini sebagai bekal sebelum memasuki jenjang profesional kelak. 

Harus diakui bahwa sebagian besar klub di Tanah Air, terutama yang terjun langsung mengurusi pembinaan usia dini, masih belum maksimal dalam menanamkan kedisiplinan dll. 

Pakuan City FC berniat mengubah kultur di Indonesia ke arah lebih modern sebagaimana kiblatnya sepak bola, yakni Eropa. 

Dengan adanya figur sentral seperti Jaino Matos di kursi Direktur Olahraga, Pakuan City FC memulai perjalanan membangun klub dari nol. 

Prestasi bukanlah tujuan utama, melainkan membentuk DNA sepak bola profesional sedari awal karier demi kemajuan si pemain itu sendiri. 

"Pakuan City FC memiliki visi jangka panjang. Yang paling penting untuk dilakukan selama beberapa tahun ke depan adalah membangun karakter atau jati diri klub," kata Jaino Matos kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Bogor, Rabu (23/3/22). 

"Bukan perkara mudah memang dan butuh waktu, tapi semua ini harus dilakukan dari sekarang karena itulah pondasi klub yang nantinya bakal berguna bagi Pakuan City FC serta para pemainnya sendiri," cetusnya. 

Saking seriusnya menyoroti soal jati diri dan DNA klub, Jaino Matos sampai merancang sebuah panduan mendetail dan aturan-aturan yang harus dipahami secara menyeluruh oleh semua pemain. 

"Sebelum pemain bergabung, kami terlebih dulu menyodorkan semacam standar operasional prosedur (SOP) untuk dibaca dan diresapi. Bila memang siap menjalaninya, barulah mereka kami terima," tandas pelatih Brasil yang sangat fasih berbahasa Indonesia tersebut. 

Sekadar mengingatkan, Jaino Matos direkrut Pakuan City FC untuk mengisi jabatan Direktur Olahraga pada akhir Oktober 2021. 

Dia dibebani tanggung jawab besar dalam mengembangkan potensi pemain-pemain muda asli Jawa Barat, terlebih kawasan Bogor Raya. 

Putra pemain legendaris klub elite Galatama, Pardederex, Jairo Matos, ini tercatat pernah menduduki kursi pelatih Penang FA (Liga Malaysia) dan menjadi performance analyst untuk Aspire Academy di Qatar. 

Di Indonesia, Jaino Matos sudah malang melintang bekerja di sejumlah klub Liga 1 seperti Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Borneo FC, dan Badak Lampung FC. Dia juga ikut andil mendirikan Diklat Persib pada 2013.