Liga Spanyol

UEFA Bikin Aturan Baru, Barcelona dan Real Madrid Bakal Terkena Imbas

Rabu, 23 Maret 2022 17:59 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© uefa
UEFA Bikin Aturan Baru, Barcelona dan Real Madrid Bakal Kena Imbas. Copyright: © uefa
UEFA Bikin Aturan Baru, Barcelona dan Real Madrid Bakal Kena Imbas.

INDOSPORT.COM - UEFA rencananya akan merubah aturan mengenai Financial Fair Play (FFP) yang berpotensi berimbas ke beberapa klub seperti Real Madrid dan Barcelona.

Diyakini setelah UEFA melakukan perubahan dalam aturan Financial Fair Play. Kebijakan tersebut akan mereduksi pengeluaran seluruh klub di wilayah Eropa.

Sebelumnya, UEFA telah mengirimkan draf terbaru FFP ke seluruh pemilik dan petinggi klub di Eropa. Jika mereka sepakat, makan aturan baru FFP akan segera di jalankan.

Dalam aturan tersebut, klub-klub Eropa nantinya hanya diperbolehkan menghasbiskan 70 persen dari total pendapatan mereka selama satu tahun.

Pengeluaran tersebut mencakup keseluruhan aktivitas sepak bola yang dilakukan setiap klub, tidak terbatas pada persoalan gaji dan transfer pemain.

Dua klub asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona dikenal suka jojoran saat musim transfer pemain dibuka harus mulai berbenah agar tak mendapat sanksi tegas dari UEFA.

Apalagi Barcelona pernah merasakan imbas aturan ketat FPP di Liga Spanyol. Mereka kehilangan mega bintang Lionel Messi ke PSG karena terganjal regulasi ini.

Sementara Real Madrid juga bernasip serupa ketika Los Blancos mendatangkan Eden Hazard, Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy dan Rodrygo Goes. Mereka terancam sanksi berat akibat melanggar peraturan FFP ini.

Berdassarkan laporan Foorball Espana, apabila aturan ini sudah resmi berlaku, perubahan terbaru akan menggantikan aturan FFP yang sudah ada sebelumnya.

“UEFA akan mengusulkan perubahan dan aturan baru dalam ketentuan FFP, aturan terbaru ini diharapkan secara perlahan bisa menggantikan aturan yang lama,” tulis laporan New York Times seperti dilansir Football Espana, Rabu (23/03/22).

“Aturan Financial Fair Play terbaru ini akan segera resmi, saat ini  kami tinggal menunggu persetujuan Dewan Eksekutif UEFA,” imbuhnya.